'


NANGA TAMAN,  SEKADAU NEWS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten sekadau melaksanakan bimbingan teknis petugas pemuktahiran data pemilih (PPDP) se-kecamatan Nanga Taman dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat tahun 2018 yang dilaksanakan di aula kantor camat Nanga Taman. (Senin/15/1/2018).

Petugas Pemuktahiran Data Pemilih merupakan petugas Rukun Tetangga (RT) atau Rukun Warga (RW) yang dipilih membantu Panitia Pemungutan Suara (PPS) ditingkat desa dalam melakukan pemuktahiran data masyarakat yang dikategorikan sebagai pemilih menjelang hari pemilihan.



Kegiatan yang dilaksanakan selama satu hari penuh tersebut dihadiri oleh seluruh petugas PPDP dan panitia pemungutan suara (PPS) se-kecamatan nanga taman yang terdiri dari anggota PPDP sebanyak 61 orang dan PPS berjumlah 39 orang.

Dalam kegiatan ini bertindak sebagai pelaksana kegiatan bimbingan teknis PPDP, ketua panitia pemilihan kecamatan (PPK) Fransiskus Khoman, S.Pd mengatakan  bahwa, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan bimbingan teknis kepada petugas PPDP dalam nanti pelaksanaan pemuktahiran data pemilih agar petugas tersebut tau tugas dan tanggung jawab mereka dan diharapkan agar mereka bekerja secara cermat dan teliti ketika melakukan pemuktahiran data pemilih dengan mengunjungi masyarakat pemilih dari rumah kerumah atau door to door.

Ditanya lebih jauh mengenai harapan dari pelaksanaan kegiatan ini, pria yang akrab dengan panggilan Khoman tersebut menuturkan bahwa, petugas yang akan diterjunkan kelapangan nantinya bukan hanya sekedar mendata jumlah pemilih aktif pada pemilu sebelumnya namun mereka juga kami tugaskan untuk mendata pemilih pemula.

"Artinya pemilih yang tahun 2018 ini telah berumur  17 tahun serta melakukan pemuktahiran data khusus untuk pemilih yang pindah domisili dan masyarakat yang telah meninggal dunia.”pungkasnya.



Pelaksanaan bimbingan teknis  ini selain mensosialisasikan tugas dan fungsi dari PPDP dalam membantu  KPU kabupaten, melakukan pemuktahiran data pemilih, PPDP se-kecamatan Nanga Taman akan melakukan pencocokan data dan memberikan tanda bukti terdaftar kepada pemilih dan menempelkan tanda khusus kepada setiap rumah-rumah pemilih.

Lebih lanjut ketika ditanya mengenai tindak lanjut dari hasil kegiatan pelaksanaan bimbingan teknis ini, Khoman mengharapkan kepada petugas PPDP yang akan bertugas dapat menghimpun data yang akurat dari pemilih sehingga dapat dilaporkan sebagai daftar pemilih tetap.

“nantinya data yang kita dapatkan itu adalah hasil yang nyat, jadi data itulah yang kita gunakan nanti untuk pada saat pemilihan." tuturnya.

Dalam kegiatan pelatihan tersebut turut hadir komisioner KPU kabupaten Sekadau, Marcelus Daniar, SH dan Saban, S.Pd sekaligus memberikan materi kepada para petugas PPDP dalam kegiatan tersebut.

Dari unsur keamanan tampak hadir pula Kapolsek Nanga Taman IPDA Arisman serta Danramil 17 Nanga Taman Kapten Arh L Simare mare beserta jajaran.


Laporan Warta: Mus
Editor: Yakop