'

Coklit : Usman, petugas Coklit meneliti identitas Bupati Sekadau, Rupinus SH M Si disela pelaksanaan tahapan Coklit dalam rangka Pilgub 2018 di kediaman Bupati Sekadau, Sabtu kemarin (20/1). (as)


SEKADAU HILIR,  SEKADAU NEWS - Tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Pilkada serentak 2018, resmi dimulai, Sabtu (20/1) kemarin.

Di Sekadau, proses tahapan Coklit didahuli dengan Apel Siaga pihak jajaran KPU, Panwaslu, dan pihak terkait lainnya di seluruh kecamatan.

Di tingkat kabupaten, Apel Siaga dilakukan di Kecamatan Sekadau Hilir, persisnya di lapangan upacara kantor Cabdin Dinas Pendidikan yang bersebelahan dengan Sekretariat Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) Sekadau Hilir, Sabtu kemarin.

Apel dipimpin langsung Ketua KPU Sekadau, Gusti Mahmud Buang dan dihadiri komisioner KPU lainnya, jajaran Panwaslu, PPK dan PPS, serta Kapolsek Sekadau Hilir.

Ketua KPU Sekadau, Gusti Mahmud Buang SE mengatakan, untuk Coklit, KPU Sekadau sudah menetapkan 471 petugas Coklit.

“Mereka sudah kita berikan bimbingan teknis dalam rangka pencocokan data pemilih,” kata Buang.

Dalam melakukan tugasnya, petugas Coklit sudah dibekali dengan panduan yang tidak boleh dilanggar.

Salah satu yang diharamkan adalah menjadi juru kampanye atau Jurkam saat melakukan coklit kepada calon pemilih.

“Tugasnya hanya mencocokkan data. Jangan sampai mengatakan kandidat ini baik, kandidat ini buruk atau mengajak memilih kandidat tertentu,” ingatnya.

Petugas Coklit juga tidak boleh tidak mengunjungi calon pemilih.

“Nanti ada tanda centang yang harus diisi jika calon pemilih itu sudah didatangi,” tukas Buang.

Apel siaga petugas Coklit juga dilakukan di Kecamatan Sekadau Hulu di halaman Sekretariat PPK Sekadau Hulu, Jalan Pamong Praja, Desa Rawak Hilir.

“Suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2018 adalah tugas penyelenggara pemilu,” ujar Jino, Ketua PPK Sekadau Hulu yang menjadi inspektur upacara dalam apel tersebut.

Lanjut Jino, dalam melakukan pencocokan dan penelitian, PPDP diharapkan bisa bekerja teliti.

“Jangan sampai ada pemilih ganda. Pemilih yang sudah meninggal, jangan ada lagi yang masuk dalam data, dan pemilih potensial (yang sudah memiliki hak pilih), jangan sampai tak terdata,” ingat Jino.

Usai apel, Petugas Pemuthahiran Data Pemilih (PPDP) atau petugas Coklit, langsung turun melakukan pencocokan data pemilih.

Di Sekadau Hilir, sasaran pertama yang dikunjungi adalah rumah Bupati Sekadau, Rupinus SH M Si yang beralamat di RT 016/RW 06, Jalan Merdeka Barat (Sekadau-Sanggau) KM 3, Dusun Senuruk, Desa Sungai Ringin, Sekadau Hilir.

Adalah Usman yang menjadi petugas PPDP di kawasan tempat tinggal Bupati Sekadau.

Usman datang ke kediaman Bupati Sekadau didampingi Ketua PPK Sekadau Hilir, Solihin,

Ketua KPU Sekadau dan jajaran, Kapolsek Sekadau Hilir dan jajaran Panwaslu Sekadau.

“Untuk data identitas nama pak Bupati dan keluarga, tidak ada permasalahan. Semuanya sudah betul,” kata Usman sesaat usai pendataan.

Hanya saja, lanjut Usman, ada perbedaan tempat pencoblosan. Jika sebelumnya Bupati dan keluarga mencoblos di TPS 04 di Jalan Kedondong, Sewak, Desa Mungguk, maka dalam Pilgub nanti, akan mencoblos di TPS 14, Senuruk.

“Jadi pindah tempat mencoblos saja,” imbuh Usman.

Bupati Sekadau, Rupinus SH M Si berterimakasih kepada pihak PPDP, jajaran KPU, Panwaslu dan lainnya yang sudah bekerja mempersiapkan pelaksanaan Pilgub di Sekadau.

“Mudah-mudahan nantinya berjalan lancar, aman dan damai,” ujar Rupinus.

Soal Coklit yang dilakukan petugas, Rupinus menilai hal itu sebagai langkah yang sangat positif.

“Kepada warga, kalau ada petugas datang, berikan data yang benar sesuai KK dan KTP,” serunya.

Berdasarkan KK bernomor 6109011004140002, tercatat ada empat orang anggota keluarga Rupinus. Masing-masing dirinya sendiri, istri Kristina Rupinus, dan dua anaknya Gabriel Yuniven Vieri serta Antonius Meirando Katoyoh.

Namun untuk Antonius, belum memiliki hak pilih karena masih berusia dibawah 17 tahun.

“Kepada masyarakat yang sudah memiliki hak pilih, gunakan hak pilihnya dengan baik. Dan kepada yang belum terdata, tanyakan ke petugas agar bisa didaftarkan,” pungkas  Rupinus.


Laporan : Mus
Editor: Yakop