'

Sosialisasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Orang tua / Wali siswa kelas XII IPA/IPS SMA Negeri 1 Nanga Mahap.

NANGA MAHAP, SEKADAU NEWS - Pada hari Sabtu jam 09.00 WIB s.d. jam 12.00, telah dilaksanakan sosialisasi UNBK di SMA Negeri 1 Nanga Mahap Kabupaten Sekadau dengan mengundang orang tua / wali siswa kelas XII IPA/IPS sejumlah 132 orang. Kepala SMA Negeri 1 Nanga Mahap, T. Haryadi, S.Pd. memberikan penjelasan langsung tentang  UNBK tersebut kepada orang tua siswa.

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya.

"Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test(PBT) yang selama ini sudah berjalan." ujarnya.

Pada pelaksanaan UN tahun 2018 ini semua siswa wajib mengikuti UN satu kali untuk mata pelajaran tertentu yang dibiayai pemerintah.

Apabila siswa tidak dapat mengikuti UN pada tahun yang sama dengan Ujian maka kelulusan dari satuan pendidikan belum dapat ditetapkan karena siswa tersebut belum mengikuti UN. Siswa yang bersangkutan wajib mengikuti UN berikutnya.

"Ini sesuai dengan ketentuan dalam PP, bahwa siswa wajib mengikuti UN satu kali yang dibiayai oleh pemerintah." paparnya.

Pencapaian kompetensi lulusan dalam UN tahun 2018 dinyatakan dalam empat kategori; sangat baik, baik, cukup, dan kurang.
Sosialisasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Kepala SMA Negeri 1 Nanga Mahap, T. Haryadi, S.Pd. memberikan penjelasan langsung tentang UNBK tersebut kepada orang tua siswa.

Penilaian pencapaian kompetensi lulusan dalam UN didasarkan pada rentang nilai 0 sampai 100 dengan kategori sebagai berikut:

  • Sangat Baik dengan kriteria 85 < Nilai ≤ 100
  • Baik dengan kriteria 70 < Nilai ≤ 85
  • Cukup dengan kriteria 55 < Nilai ≤ 70
  • Kurang dengan kriteria 0 ≤ Nilai ≤ 55



Laporan Warta: Mus
Editor: Rentha