'

Foto: Jefray Raja Tugam, SE. Wakil Ketua DPRD Kab Sekadau

Laporan Wartawan Sekadau News, Mus.

LINGKUNGAN,  SEKADAU NEWS - Faktor cuaca musim penghujan seperti saat ini bisa saja menyebabkan kerusakan Jalan di Kabupaten Sekadau tak terkecuali di tiga Kecamatan Belitang, terutama jalan poros Belitang Hulu kian semakin rusak parah.

Foto, dan video kerusakan jalan tersebut bahkan beredar luas di media sosial seperti Fecebook, Intagram,  dan medsos lainnya, hingga menjadi buah pimbicaraan warga penguna jalan. Berbagai tanggapan fositif dan negatif pun tak dapat di hindarkan.

Menanggapi hal tersebut Anggota yang juga Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sekadau Jefray Raja Tugam, SE angkat bicara, pada kenyataan memang jalan poros rusak terutama menuju kota Kecamatan Belitang Hulu seperti yang beredar di medsos.

"Disamping cuaca musim penghujan, curah hujan tinggi, ditambah angkutan barang, dan orang, sembako, serta kendaraan angkutan sawit Perusahahaan dan pribadi, tentunya kerusakan jalan tetap tidak terhindari". ulasnya.

Jefray mengatakan sejauh ini pihaknya DPRD bersama Pemerintah Daerah sudah maksimal untuk memperjuangkan terkait perbaikan infrasriktur di Kabupten Sekadau tak terkecuali di 3 Belitang ini.

Tiap tahun DPRD anggarkan untuk peningkatan jalan di 3 Kecamatan Belitang, namun karna ruas jalan yang cukup panjang, tentu tidak bisa sekaligus selesai semua.

Selain itu anggaran dari pemkab juga terbatas, sebab tidak mungkin hanya 3 belitang kerna masih banyak ruas jalan lain yang ada di Sekadau juga butuh perbaikan serta pembangunannya.

"Untuk 2018 ini bahkan sudah dianggarkan 19 Milyar dari Simpang SP 2 Maboh Permai-Kumpang  Ilong. Sementara dari Kumpang Ilong- Balai Sepuak 14 Milyar, semua tentu bertahap". Jelas Politisi Partai Demokrat itu.

Mengatisipasi kerusakan agar jalan tidak bertambah parah Jefray DPRD dapil 3 Belitang itu minta, pihak Perusahaan yang berinvestasi terutama perusahaan perkebunan juga diminta tanggap untuk melakukan perbaikan rutin pada titik jalan yang amat sangat parah di wilayahnya.

Kepada masyarakat terimakasih atas masukan dan kritikannya meski hanya lewat medsos.

"Kita senang masukan dan kritikan, jika berdasarkan fakta dan kenyataan, yang tentunya membangun". Ucapnya.

Kata Jefray, meski sudah dianggarkan realisasinya tentu ada proses melalui dinas terkait, untuk itu partisipasi pihak perusahaan sekitar sangat diharapkan.

Mengingat berpengaruh pada  perekonomian masyarakat, harga barang dan kebutuhan lainnya juga langka dan mahal.

"Terlebih bila ada masyarakat yang sakit tentu sangat sulit karna transportasi tidak lancar maka, dalam waktu dekat kita DPRD komisi B akan mengundang Pemkab melalui dinas terkait untuk mencari selusi terbaik mengatasi titik jalan yang rusak parah, karna apabila dibiarkan, tidak menutup kemungkinan akses jalan ke Belitang akan terputus dan bisa lumpuh total," ujarnya.

Editor: Yakop