'

Foto: Rudy

SEKADAU NEWS - Beberapa tahun terakhir olahraga Sampan Bidar kini semakin bergairah di Kabupaten Sekadau, ini tak terlepas dari peran Pemerintah melalui PB.PODSI Sekadau, selaku Organisasi yang menaungi Olahraga Dayung Sekadau yang sering mengadakan lomba.

Lomba Sampan Bidar dulunya merupakan hiburan rakyat yang biasanya diadakan di Sungai Kapuas beberapa tahun silam, dahulu warga Sekadau hanya bisa menikmati perlombaaan tersebut satu tahun sekali yaitu pada saat HUT Kemerdekaan RI, tapi kini lomba Sampan tersebut rutin diadakan dan termasuk tontonan favorit yang ditunggu-tunggu warga Sekadau.

Oleh Karena itu, kini tiap-tiap desa begitu antusias membuat Sampan Bidarnya masing-masing, salah satunya Desa Tanjung, saat ini mereka sedang membuat Sampan Bidar terbaru secara Tradisonal dan gotong royong, lokasi pembuatan di tepian Sungai Kapuas, saat ini progres pengerjaan hampir sekitar 60%, secara struktur body sampan sudah terlihat utuh cuma masih membutuhkan beberapa tambahan agar struktur sampan semakin kuat.

Menurut penuturan Hamdani, salah seorang warga yang ikut membuat sampan tersebut, dia menjelaskan "dalam pengerjaan yang menjadi kendala hanyalah waktu, ya kita disini rata-rata memiliki pekerjaan masing-masing, biasanya kita mulai pengerjaan setelah ashar atau pulang kerja jadi siapa saja yang sempat silahkan ikut membantu, jika tidak sempat kita tidak memaksa karena seperti inilah gotong rotong yang kita terapkan", ujarnya. Rabu (07/02/2018)



Oleh: Rudy
Editor: Hariza