Photo Credit : ehow.com

KESEHATAN, SEKADAU NEWS – Gadget kini telah menjadi benda yang sulit untuk dipisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia. Gadget akan dibawa kemana saja, termasuk saat bepergian atau bahkan saat kita bersantai dan tiduran di atas kasur. Salah satu kebiasaan yang kerap kita lakukan saat menggunakannya di atas kasur adalah dengan memainkannya dengan posisi tubuh tengkurap dan berat badan bagian atas ditumpukan pada kedua siku. Meskipun terlihat nyaman untuk dilakukan, hal ini ternyata dianggap kurang baik bagi kesehatan.

Pakar kesehatan dr. Ade Tobing, SpKO menyebutkan bahwa posisi ini bisa berdampak buruk bagi tulang belakang kita. Dengan posisi tengkurap, tulang belakang melengkung dengan posisi yang tidak aman sehingga jika diteruskan, dikhawatirkan kita akan menyebabkan rasa nyeri. Bahkan, jika kita kerap memainkan gadget dengan posisi ini, maka dikhawatirkan postur tubuh mengalami perubahan dan akhirnya menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius.

Posisi paling ideal untuk memainkan gadget adalah dengan duduk dan menempatkan gadget sejajar dengan mata kita. Jika kita menempatkan gadget seperti ponsel di bagian bawah seperti dengan cara memangku tangan di atas paha, maka tanpa kita sadari kita berada dalam kondisi membungkuk dalam waktu yang lama dan bisa memicu nyeri pada leher, bahu, dan tulang belakang. Bahkan, posisi ini disebut-sebut bisa menyebabkan kulit pada leher mudah mengerut dan akhirnya mengalami penuaan dini.

Mengingat penggunaan gadget dengan berlebihan bisa memicu gangguan mata, gangguan tidur, dan gangguan postur tubuh, ada baiknya memang kita tidak berlebihan dalam menggunakannya, termasuk saat kita berada dalam kondisi beristirahat.


Sumber : DokterSehat.Com
Editor : Hariza
 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'