SEKADAU NEWS - Selain menyimpan kekayaan alam yang melimpah, Indonesia ternyata juga memiliki kekayaan lainnya. Salah satunya adalah kerajinan tangan. Kerajinan tangan asal Indonesia memiliki keunikannya sendiri dengan menonjolkan kebudayaan masing-masing daerah yang ada di Indonesia. Dilansir dari Kaskus, berikut adalah 5 kerajinan khas Indonesia yang mendunia.

1. Kerajinan Ukir Kayu

Kerajinan Ukir Kayu (Kaskus)

Kualitas kayu di Indonesia dikatakan memiliki kualitas unggul karena tumbuh di negara tropis. Selain itu, ukiran yang dibuat oleh para pengukir kayu di Indonesia juga telah mendapatkan popularitas di negara selain Indonesia. Salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan ukiran kayunya adalah Jepara. Terbukti hasil ukiran berupa kaligrafi, patung, dan relief dari kota ini berhasil go internasional sampai ke Eropa.

2. Kerajinan Wayang

Kerajinan Wayang (Kaskus)

Wayang, entah itu wayang lulit atau wayang golek, ternyata diminati oleh orang-orang di luar negara Indonesia. Wayang yang kental dengan budaya Jawa ini terkadang juga digunakan sebagia hiasan rumah atau pajangan karena bentuknya yang unik dan artistik. Bahkan, pagelaran wayang yang masih sering diadakan terlebih saat acara pernikahan adat Jawa ini sudah diakui oleh UNESCO.

3. Kerajinan Kain Batik

Kerajinan Batik (Kaskus)

Keberadaan kain batik di mata dunia sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Kerajinan tangan hasil anak bangsa ini mampu memikat hati masyarakat di luar negeri karena motif unik dari berbagai daerah yang memiliki ciri khas masing â?? masing, ditambah sentuhan paduan warna yang menawan. Saking mendunianya, banyak artis mancanegara yang tampil di publik dengan mengenakan pakaian bercorak batik.

4. Kerajinan Anyaman Bambu

Kerajinan Anyaman Bambu (Kaskus)

Proses pembuatan anyaman bambu pada umumnya asli menggunakan tangan tapi meski begitu, tetap saja hasil akhir dari anyaman bambu ini mampu mencuri perhatian banyak orang termasuk para wisatawan luar negeri. Biasanya anyaman bambu ini digunakan sebagai hiasan dan juga berguna untuk perabot rumah tangga seperti kursi, tudung saji, dan masih banyak lagi.

5. Kerajinan Keramik

Kerajinan Keramik (Kaskus)

Keramik memang bukan asli dari Indonesia, tapi ternyata hasil kerajinan berupa keramik buatan Indonesia juga tak kalah bagus. Hasil keramik buatan Indonesia banyak diminati oleh pasar luar negeri, termasuk Tiongkok yang merupakan negara asal penghasil keramik. (tom)



Sumber: jadiberita.com/Hutomo Dwi
Editor: Hariza

Banner ini diiklankan Sekadau.com

Iklan Pemkab HUT RI Ke 73
 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'