Garam dan Keluhan Tekanan Darah Tinggi

KESEHATAN, SEKADAU NEWS - Salah satu 'pembunuh diam-diam' dalam tubuh manusia adalah darah tinggi. Tekanan darah tinggi mampu menyebabkan penyakit serius seperti serangan jantung atau stroke, bahkan tanpa gejala. Sayangnya, banyak yang tidak tahu mengenai ciri-ciri tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi yang tidak terdeteksi bahkan lebih berisiko pada wanita karena banyak dokter menganggapnya sebagai masalah pria.

"Wanita cenderung memiliki tekanan darah tinggi seperti pria, tapi kemungkinannya lebih kecil untuk didiagnosis dan kemungkinannya tidak ditangani dengan tepat," kata Amber Khanna, M.D., kardiologis UCHealth University of Colorado Hospital, Colorado.

Seperti dilansir dari Women's Health pada Jumat (2/2/2018), berikut tanda-tanda yang harus Anda kenali tentang tekanan darah tinggi.


1. Tekanan darah lebih dari 130/80.

Banyak wanita tidak mengenal akan hal ini. Adam Splaver, M.D., ahli jantung di NanoHealth Associates di Florida mengatakan, "Hanya karena Anda tidak melihat, tidak berarti itu tidak ada di sana."

Tidak seperti tes sinar-X atau tes darah, Anda bisa melakukan tes ini secara rutin. Banyak apotek dan toko obat yang menjual mesin pengukur tekanan darah.

Tekanan darah bisa berubah terus menerus menyesuaikan dengan tingkat aktivitas, hidrasi, tidur, dan faktor lainnya. Pilihlah saat yang tenang dan hidrasi yang baik untuk mengambil tekanan darah dan ulangi tes secara mingguan atau bulanan dengan cara yang sama.

Apabila mendapatkan tiga kali angka di atas 130/80, Anda harus segera periksa ke dokter.

2. Memiliki Orang Tua Dengan Darah Tinggi

Anda tidak bisa mengabaikan faktor genetika. Menurut Khanna, genetika juga faktor utama dalam kesehatan jantung dan tekanan darah tinggi dapat terjadi turun-temurun.

Orang-orang yang harus Anda khawatirkan adalah orang tua, kakek-nenek, atau saudara kandung yang terkena serangan jantung di usia lebih muda dari 45 tahun, tambah Khanna.

3. Tidak fokus dan sakit kepala

Orang dengan tekanan darah tinggi mungkin mengalami sakit kepala ringan atau kronis dan sulit konsentrasi. Menurut Splaver, gejala ini tidak akan terlihat hingga tekanan darah Anda benar-benar tinggi.

Jika Anda pernah mengalami sakit kepala yang tidak berhenti dengan atau tanpa mimisan, anda mungkin mengalami 'krisis hipertensi' dan harus segera dibawa ke UGD.

4. Kembung dan sulit kencing

Tekanan darah tinggi sering dikaitkan denga diabetes atau penyakit ginjal. Beberapa wanita mengalami kembung dan sulit buang air kecil karena hal tersebut. Sering-seringlah untuk memperhatikan kebiasaan buang air kecil Anda dan catat apabila ada sesuatu yang tidak lazim.

5. Penglihatan bertambah parah

Menurut Khanna, tekanan darah tinggi dapat mempengaruhi pembuluh darah di mata dan menyebabkannya membengkak. Hal ini bisa dilihat dengan pemeriksaan rutin.

Jika Anda mengalami penglihatan yang buram atau perubahan penglihatan tiba-tiba, pergilah untuk bertemu dokter.

6. Pusing dan kehilangan keseimbangan

Pusing tiba-tiba dan kehilangan keseimbangan menjadi tanda peringatan dini adanya stroke yang disebabkan adanya tekanan darah tinggi.

Jika pusing terkait dengan berdiri terlalu cepat atau menonton film 3D dan segera berlalu, tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun jika terus berlanjut, ini tidak boleh diabaikan dan harus segera menghubungi dokter.



Sumber : liputan6.com
Editor : Hariza
 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'