3 Lagu Viral yang sempat Dirundung Kontroversi, Lagu apa saja?
https://i.ytimg.com/vi/Ev3BOpBf3TY/maxresdefault.jpg

SEKADAU NEWS - Tahun 2017 menjadi tahun yang cukup berwarna bagi dunia musik Indonesia. Setelah di tahun-tahun sebelumnya lagu dari Indonesia cukup 'kering' dan tergerus oleh lagu internasional, di tahun 2017 ini cukup banyak lagu-lagu karya musisi tanah air yang menjadi viral di negeri sendiri. Namun dibalik ketenarannya, ada juga beberapa lagu viral yang sempat dirundung kontroversi. Lagu apa saja?

1. Via Vallen - Sayang

Bergenre dangdut, sedikit instrumen reggae, dan juga disisipi rap berbahasa jawa, lagu berjudul Sayang yang dinyanyikan oleh Via Vallen mampu membius telinga masyarakat Indonesia.

Via Vallen - Sayang
https://i.ytimg.com/vi/Ev3BOpBf3TY/maxresdefault.jpg

Penelusuran terkahir penulis, video klip musik ini kini sudah menembus 110 juta views di youtube, sebuah angka yang tentunya tidak mudah. Dibalik viralnya lagu sayang, ternyata bumbu kontroversi sempat menyangkut lagu ini.

Hal ini karena ditemukan unsur plagiat dari lagu ini. Tepatnya pada saat reff, nada dari lagu ini sama persis dengan lagu Jepang berjudul Kiroro Mirae, meskipun Sayang mempunyai tempo yang sedikit lebih cepat.

Lagu Mirae sendiri dirilis di tahun 1998, sedangkan lagu Sayang yang dinyanyikan Via Vallen dirilis tahun 2016, meskipun baru benar-benar booming di tahun 2017 ini. Setelah tuduhan plagiarisme memuncak, Via Vallen kemudian memberikan klarifikasi. Dalam akun instagramnya, ia mengaku hanya sebagai orang yang mempopulerkan saja dan tidak mengklaim sebagai pemilik resmi lagu sayang.

"Aku tidak pernah mengakui lagu 'Sayang' versi Jawa yang merupakan ciptaan orang lain sebagai karyaku. Aku hanya mempopulerkannya," ucap Via dalam instagramnya, seperti dikutip liputan6.com (15/10/2017).

Perlu diketahui, lagu Sayang versi Jawa yang dinyanyikan Via sebenarnya merupakan cover dari grup rap asal Jogja, NDX AKA. Ditanya soal siapa sebenarnya pemilik lagu Sayang ini, Yonanada salah satu personilnya tidak menampik jika lagu ini memang 'terinspirasi' dari Mirae. Ia juga mengatakan jika musisi tanah air yang pertama menyanyikan lagu Sayang adalah Anton Obama.

"Awalnya lagu Sayang memang dari Lagu Bahasa Jepang judulnya Mirai, lalu Anton Obama membuatnya dalam versi Bahasa Jawa," ujar Yonanada sepert dikutip tribunnews.com (11/10/2017).

2. Armada - Asal Kau Bahagia

Ada dua kemiripan antara lagu Asal Kau Bahagia karya Armada dengan lagu Sayang yang dinyanyikan Via Vallen. Pertama, lagu ini viral sepanjang 2017 dan video musik lirik nya berhasil menembus angka 100 juta views di youtube, tepatnya sekarang 196 juta views.

3 Lagu Viral yang sempat Dirundung Kontroversi, Lagu apa saja?
https://i.ytimg.com/vi/Ev3BOpBf3TY/maxresdefault.jpg

Kedua, lagu ini juga diterpa isu plagiarisme. Banyak masyarakat merasa jika reff dari lagu ini mempunyai nada yang sama dengan lagu berjudul Liu Xing Yu yang dinyanyikan oleh F4, grup penyanyi dari Taiwan.

Lagu Liu Xing Yu sendiri dirilis pada tahun 2001, sedangkan Asal Kau Bahagia dirilis pada tahun 2017. Menanggap isu plagiarisme ini, Rizal selaku vokalis Armada memberikan klarifikasi. Penyanyi kelahiran Surakarta tersebut mengatakan jika dirinya baru mengetahui kemiripan ini setelah video musik keluar. Rizal juga berkelih jika kemiripan nada tersebut masih dalam status aman dan tidak bisa dikatakan sebagai plagiarisme.

''Kami baru tahu pas video lirik keluar, pas kami di rumah, kami pantengin dan dibilang mirip lagu itu 'Liu Xing Yu', Akhirnya kami ngobrol, aman atau enggak? Dari label, dari tim manajemen (menyimpulkan) bahwa ini proses bukan kesengajaan. Tanda nada ada 7 bar, ada regulasi 8 bar itu plagiat, (lagu 'Asal Kau Bahagia') kami enggak sampai 2 bar,'' ucap Rizal dilansir kompas.com (14/06/2017).

3. Payung Teduh - Akad

Lagu Akad dari Payung Teduh mampu melepas dahaga telinga masyarakat dari lagu-lagu berkelas karya musisi Indonesia. Di tahun 2017 ini, band indie asal Jakarta ini mampu menyuguhkan sebuah lagu berkelas dengan genre folk yang disisipi instrumen jazz. Sebuah genre yang tentunya unik bagi dunia musik nasional.

Payung Teduh - Akad
https://godepok.com/wp-content/uploads/2017/09/akad.png

Bercerita tentang pernikahan, lagu ini juga sempat masalah, bahkan lebih banyak jika dibandingkan dengan 2 lagu diatas. Sedikitnya muncul 3 kontroversi setelah lagu ini dirilis seperti dikutip kompas.com (04/10/2017).

Pertama adalah, pemakaian foto tanpa izin yang akhirnya membuat video klip musik Akad di take down dari youtube oleh sang empunya hak cipta. Foto yang muncul dalam video klip tersebut dimilik perempuan bernama Kaori Okado, perempuan Jepang yang mencintai budaya Jawa, khusunya tari.

Yang kedua, setelah di take down, payung teduh kemudian mengunggah kembali video klip tersebut di youtube. Demi menghindari pelanggaran hak cipta, Payung Teduh kemudian mengganti foto Kaori dengan foto seorang model bernama Triya Nisya.

Sayangnya reupload dari video klip ini juga lagi-lagi diterpa masalah. Triya mengaku sering dicibir netizen karena merasa figur dirinya tidak cocok untuk menggantikan Kaori Okado. Netizen menganggap jika wajah Triya jauh dari unsur keibuan yang sebelumnya terdapat dari Kaori.

Masalah yang ketiga adalah juga tentang hal yang menyangkut hak cipta. Jika di masalah pertama Payung Teduh menjadi pihak yang merugikan karya orang lain, kini justru sebaliknya.

Is, selaku vokalis mengaku resah karena banyak sekali musisi yang melakukan cover lagu ini tanpa ijin. Bukan tentang cover-nya yang menjadi masalah, melainkan penjualan lagu tersebut diketahui tanpa seizin mereka. Penjualan tersebut dilakukan lewat digital, seperti di iTunes, spotify, dan lain-lain.

Artikel ini telah ditayangkan ucnews dengan Judul Sayang hingga Akad, Ini 3 Lagu Viral yang Ternyata Bermasalah. Penulis: Karina Karmelia.

Editor: Yakop

Gambar dibawah ini diiklankan oleh CV.Sekadau.com

banner gawai dayak sekadau

 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'