Bukan Gayus Tambunan
Suhaili Gayus
Laporan Wartawan Sekadau News, Mussin.

SEKADAU HILIR, SEKADAU NEWS - Bukan Gayus Tambunan, tapi Suhaili Gayus yang dirawat di RS Miri, Negara Bagian Sarawak, Malaysia, mengaku berasal dari Dusun Sungai Putat, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat.

Sementara, Kepala Desa Sungai Ringin, Abdul Hamid menuturkan, sejak menerima informasi adanya warga atasnama Suhaili Gayus yang mengaku dari Sekadau, pihaknya sudah melakukan penelusuran ke alamat yang dimaksud.

“Tapi kita sudah beberapa kali ke Sungai Putat, tidak ada warga yang kenal, sampai sekarang masih belum jelas” ujarnya kepada Wartawan, Minggu (11/3/2018).

Penelusuran yang dilakukan Pemdes Sungai Ringin, belum membuahkan hasil. Kades menjelaskan, bahwa Sungai Putat sendiri terbagi dalam 3 RT dengan sekitar 200 Kepala Keluarga (KK).

Pemdes Sungai Ringin sudah menempelkan foto yang bersangkutan di beberapa tempat keramaian di Sungai Ringin, hasilnya juga tidak ada.

Dan Pemdes juga sudah menyebarkan informasi itu kepada 9 Ketua RW dan 30 Ketua RT yang ada di desa tersebut.

“Semuanya sudah cek dan tidak ada warga mereka yang bernama Gayus itu. Mungkin dia hanya ngaku-ngaku saja,” tukas Kades biasa dipanggil, Anjang Jonok.

Seperti diberitakan, RS Miri merawat salah seorang pasien yang diduga warga Sekadau. Namun hingga sekarang kebenaran informasi tersebut belum bisa dipastikan.

Pemkab Sekadau melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) bersama dengan Pemerintah Desa Sungai Ringin, sudah melakukan pelacakan. Hasilnya, masih kabur.

“Kita cari di database kita, tidak ada,” kata Ignasius Boni SH, Kepala Dukcapil kepada Rakyat Kalbar, pekan lalu.

Terungkapnya keberadaan warga ini, bermula saat Dukcapil Povinsi menerima surat dari Konsulat Jenderal RI (KJRI) Kuching, Sarawak Malaysia yang menyatakan bahwa ada seorang pria berusia sekitar 60 tahun, kini sedang di rawat di RS Miri, Serawak Malaysia.

Warga tersebut mengaku bernama Suhaili Gayus, tinggal di Dusun Sungai Putat, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Kalimantan Barat.

Informasi ini ditindaklanjuti Dukcapil Provinsi dengan mengirimkan surat ke Dukcapil Sekadau, Selasa malam (6/3) lalu. Pihak Dukcapil Sekadau pun langsung menyampaikan masalah itu ke Pemdes Sungai Ringin.

“Tapi belum ada hasilnya. Baik Pemdes, Dusun maupun warga di Sungai Putat, mengaku tidak ada yang kenal,” tutur Boni.

Editor: Yakop
 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'