RSUD Landak Jemput Ibu Regina Warga Ngabang Penderita Kanker Mulut

Foto: Salahsatu perawat RSUD Landak membawah pasien penderita kanker Mulut ibu Regina asal Desa Tebedak Kecamatan Ngabang.(SL)


LANDAK, SEKADAU NEWS - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Landak Kalimantan Barat jemput langsung pengidap penyakit kanker mulut atasnama Regina warga Desa Tebedak, Kecamatan Ngabang

Dikutip Suaralandak.co.id, rabu (28/2), Direktur RSUD Landak, Pius Edwin menyebutkan, pihaknya langsung menjemput ibu Regina di kediamannya, untuk mendapatkan perawatan persiapan sebelum diberangkatkan ke Jakarta.

Dia memaparkan, kondisi pasien terkini, sudah ditangani dan terpasang selang untuk makan melalui hidung.

Setelah dilakukan pemeriksaan, kondisi pasien kekurangan cairan dan gangguan ginjal karena tidak bisa minum dalam jumlah cukup.

 "Pasien juga terlihat emah karena tidak bisa makan, dan agak anemia (kurang darah). Saat ini kita akan melakukan penanganan di RSUD Landak sebelum diberangkatkan ke Jakarta," tuturnya.

 Sebelumnya, Calon Gubernur Kalimantan Barat, dr. Karolin Margret Natasa meminta kepada pihak rumah sakit dan Pemkab Landak untuk segera memberikan bantuan kepada Regina, 38 tahun yang diagnosis terkena kanker Mulut.

Diketahui, Regina, terkena Kanker mulut, sejak awal seperti Sariawan di lidah pada bulan September 2017 kemarin. Lambat laun kanker tersebut kian mengganas dan merogoti lidah serta lehernya.

 Sejauh ini keluarga pasien sudah berusaha untuk pengobatan Regina, namun karena keterbatasan anggaran keluarga meminta bantuan kepada Dinas kesehatan Landak.

Dari keterangan pihak Keluarga, Regina sudah dibawa ke Puskesmas Ngabang untuk diperiksa, setelah itu dirujuk ke RSUD Landak. Namun sampai sekarang tidak mengalami perubahan dan tambah parah karena RSUD Landak keterbatasan sarana dan prasana medis untuk penanganan Kanker.

Pihak keluarga akhirnya membawa Regina ke RSUD Soedarso Kalbar untuk pemeriksaan lebih lanjut dan dari pihak RSUD Soedarso menyarankan agar Regina segera melakukan operasi di Jakarta.

Namun, karena keterbatasan biaya, pihak keluarga sampai saat ini belum bisa membawanya untuk operasi.

Mendapatkan kabar tersebut, Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa yang saat ini sedang mengambil cuti untuk kampanye Pilgub Kalbar langsung mendatangi rumah Regina di Dusun Dengoan, Desa Tebedak, Kecamatan Ngabang untuk melihat langsung kondisi Regina.

Melihat kondisi Regina yang sudah semakin Parah, Karolin langsung menelpon Kepala Dinas Kesehatan Landak dan Pihak Rumah Sakit untuk memberikan penanganan segera.

Karolin mengatakan, dirinya akan berkoordinasi dengan Plt Bupati Landak, Herculanus  Heriadi untuk membantu pengobatan Regina.

 "Kalau untuk membantu pasien seperti ini, dari pemerintah biasanya akan mengusahakan bantuannya. Namun karena anggaran pemkab Landak saat ini masih belum turun, itu menjadi kendala saat ini," katanya.

Menurutnya, pemkab Landak memang menanggarkan bantuan untuk pasien dengan kasus sepeti ini, dimana pasien akan dibantu biaya keberangkatan dan kebutuhan selama ada di Jakarta.

"Rencananya, Regina akan di dirujuk ke Jakarta untuk menjalani operasi. Sebelumnya, saya meminta pihak RSUD Landak untk merawat Regina untuk tahap persiapan sebelum di rujuk," kata Karolin.

Dirinya meminta kepada Dinkes dan pihak RSUD Landak untuk bisa lebih sigap dalam memberikan pelayanan kepada pasien, seperti yang dialami Regina.

Berita ini telah ditayangkan Suaralandak.co.id dengan Judul RSUD Landak Jemput Bola Regina Pasien Kanker.

Editor: Yakop

Gambar dibawah ini diiklankan oleh CV.Sekadau.com

banner gawai dayak sekadau

 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'