Hari Sampah Nasional Bupati Ingatkan Warga Jangan Buang Sampah Sembaranganan
Bupati Sekadau Rupinus, SH.M.Si melakukan pemungutan sampah.

Laporan Wartawan Sekadau News, Joy

SEKADAU HILIRSEKADAU NEWS - Memperingati Hari Sampah Nasional, Dinas Lingkungan Hidup  (LH) Kabupten Sekadau adakan kegiatan Kerja Bersama dalam Peningkatan kesadaran masyarakat untuk penanganan sampah di Sekadau.

Kegiatan tersebut lansung di ikuti orang nomor satu Kabupaten Sekadau Rupinus yang berlansung di pasar Baru Jl.  Panglima Naga Jumat (20/4/18).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sekadau dr. Wirdan Mahzumi, M. Kes pada wartawan mengatakan berdasarkan statistik  Indonesia penyumbang sampah terbanyak terutama sampai plastik.

"Di Kabupaten Sekadau dalam satu hari sampah mencapai 10 ton untuk itu dengan kegiatan ini kita harapkan warga masyarakat memiliki kesadaran agar tidak buang sampah sembarangan serta memperhatikan waktu buang sampah di jam dan waktu yang telah di tentukan yakni pagi hari". Ujarnya.

Selain itu Wirdan juga Terimakasih atas bantuan Pemkab Sekadau atas penambahan armada kami 1 (unit) Dum Truk angkutan sampah, meski juga masih kekurangan personil dilapangan," ucap Wirdan.

Sementara  Bupati Sekadau Rupinus, mrngatakan dalam rangka memperingati Hari Sampah Nasional adalah Tiga  Bulan Bersih sampah (TBBS) dengan Tema, "Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah.

"harapan bukan hanya tiga bulan saja tetapi untuk seterusnya kita bisa jaga bumi dan lakukan bersih sampah, mulai dari di rumah,  dan lingkungan sekitar kita." Ajak Bupati.

Bupati Rupinus juga katakan bahwa menangani sampah bukanlah hal yang mudah, pasalnya semakin meningkatnya penduduk dibarengi dengan semakin tingginya tingkat konsumsi manusia tentu sampah juga semakin meningkat, tak sebanding dengan kesediaan TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

"Jumlah petugas kebersihan juga masih terbatas, fasilitas pendukung pengelolaan sampah juga masih minim, konsef pengelolaan sampah masih konvensional serta rendahnya keaktifan masyarakat dalam mematuhi ketentuan pembuangan sampah," paparnya.

Untuk itu kata Bupati menyikapi permasalahan sampah tersebut Pemkab Sekadau telah menetapkan Perda nomor 8 tahun 2012 tentang ketertiban umum yang didalammya diatur tentang tertib kebersihan.

"Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemkab Sekadau terkait permasalahan sampah diantaranya, melakukan pembinaan pengelolaan sampah rumah tangga melalui sosialisai penyediaan sarana dan prasarana. Penyediaan sarana tersebut meliputi, Truk sampah, Box troll termasuk tong-tong sampah, Kita pemkab  juga berupaya untuk menyadarkan masyarakat tentang penanganan sampah dan kebersihan. Ada dikenakan iuran untuk gaji petugas kebersihan dilapangan dan untuk pemeliharaan alat dan operasional," tuturnya.

Bupati Rupinus menghimbau supaya semua petugas kebersihan dilapangan supaya masuk BPJS. "Mari kita sama-sama mulai dari diri kita sendiri sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan," ucapnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekda Kabupaten Sekadau, H Zakaria Umar, Unsur Forkopimda, Kepala SKPD, Camat Sekadau Hilir, mewakili, Polsek Sekadau Hilir, Iptu Masdar, Danramil, mewakili, Kepala Desa Mungguk dan Undangan dan turut serta partisipasi masyarakat lainnya.

Editor     : Yakop

Banner ini diiklankan Sekadau.com

Iklan Pemkab HUT RI Ke 73
 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'