Memperkuat Kemitraan, Amerika Ingin Kerjasama Militer Dengan Indonesia

Memperkuat Kemitraan, Amerika Ingin Kerjasama Militer Dengan Indonesia

Militer Amerika latihan bersama dengan Militer Indonesia.

MILITER – Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Joseph Donovan disebut ingin bertemu dengan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam waktu dekat guna membahas penguatan kerja sama militer.

Dilansir Militermeter.com (15/4/2018), Hal itu diutarakan Donovan saat menemui Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Jumat (13/4).

“Pak Dubes tadi sempat sampaikan ke Bu Menlu bahwa ingin bertemu dengan Panglima TNI guna membahas kerja sama militer kedua negara tapi tidak merinci maksudnya apa,” ucap Direktur Amerika I Kemlu RI Zelda Wulan Kartika.

“Dubes memang selalu sampaikan ke Menlu jika beliau akan bertemu dgn pejabat negara RI.” ujarnya

Zelda mengatakan Donovan juga tak merinci kapan pertemuan itu akan dilaksanakan. Namun, diperkirakan keduanya baru akan bertemu dilakukan setelah Donovan kembali dari AS.

Sebab, Zelda mengatakan Donovan dijadwalkan akan pulang ke AS pada 23 Mei mendatang.

Selain itu, Zelda mengatakan Donovan dan Retno juga membicarkan penguatan hubungan dan kerja sama bilateral serta Menlu AS terpilih, Mike Pompeo.

Pompeo ditunjuk Presiden Donald Trump menggantikan Rex Tillerson sebagai menlu beberapa waktu lalu karena dinilai lebih sejalan.

Donovan menegaskan AS tetap berkomitmen memperkuat kemitraan strategis dengan Indonesia di tangan menlu baru.

“Dubes AS meyakinkan Menlu bahwa pemerintah AS, siapapun Menlunya, tetap berkomitmen tinggi utk memajukan kemitraan strategis AS-Indonesia,” kata Zelda.

Editor: Yakop

BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Konten berikut adalah iklan platform MGID. Sekadau.com tidak terkait dengan isi konten tersebut.