Sayuran Dimasak atau Lalapan?
Dokumen pribadi Mengharap BerkahNya

KESEHATAN, SEKADAU NEWS - Sayuran memang merupakan salah satu komponen penting untuk kesehatan, sebab dalam sayuran mengandung banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh kita seperti vitamin, serat, hingga mineral lainnya.

Di Indonesia terdapat banyak sekali jenis sayuran, mulai dari yang berupa umbi-umbian, kacang-kacangan, daun bahkan bunga yang bisa dengan mudah kita dapatkan.

Dilansir dari UCnews, Ada banyak cara untuk bisa mendapatkan manfaat dari sayuran ini untuk tubuh kita.

Kita bisa mengolahnya menjadi berbagai jenis sayur atau dicampurkan dengan bahan lain seperti mi, Bahkan ada juga yang menikmatinya sebagai lalapan.

Berbicara tentang lalapan, jenis makanan yang satu ini menjadi salah satu jenis makanan yang cukup digemari.

Bahkan untuk beberapa jenis makanan, kurang lengkap rasanya tanpa adanya lalapan.

Beberapa jenis sayuran yang sering kita gunakan sebagai lalapan misalnya daun kemangi, kol, mentimun, kacang panjang, terong, hingga petai.

Ada dua cara untuk menikmati lalapan yakni dikonsumsi langsung dalam kondisi mentah dan dalam kondisi matang.

Diantara kedua cara tersebut, manakah yang lebih sehat ?

Jika kita melihat dari kacamata gizi, tentu saja lebih sehat lalapan mentah. Gizi yang ada pada sayur mentah ini terbukti 4 kali lebih cepat diserap oleh tubuh ketimbang sayuran matang.

Sayuran dalam kondisi mentah yang dikonsumsi, mineral dan vitamin yang terkandung di dalamnya tidak akan rusak dan masih tetap terjaga.

Namun demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika kita ingin mengkonsumsi lalapan mentah ini salah satunya yakni dari faktor kebersihan seperti dilaporkan lifestyle.kompas.com (11/04/2012).

Para petani menanam sayuran dengan tambahan pestisida untuk mencegah hama.

Jadi pastikan cuci dengan bersih dan benar sayuran sebelum kita gunakan untuk lalapan sehingga pestisida yang kemingkanan masih menempel bisa hilang.

Selain pestisida, kemungkinan adanya bakteri dan hewan kecil lainnya yang menempel pada sayuran.

Sehingga harus benar-benar dicuci bersih sesaat sebelum digunakan untuk lalapan.

Jika terpaksa sayuran tersebut harus dikonsumsi dalam kondisi matang, jangan masak terlalu lama.

Cukup kukus atau blansir sayuran dalam beberapa saat saja.

Blansir adalah proses memasak dengan cara sayuran dicelupkan dalam air mendidih dalam beberapa saat lalu disiram dengan air dingin agar proses pemanasan tidak berlanjut karena vitamin adalah salah satu komponen yang mudah rusak karena pemanasan.

Oleh: Er/Mb
Editor: Yakop

 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'