Inilah 5 Pertanda Tubuh Anda Terserang Diabetes
Foto: dream.co.id

Keringat Berlebihan.


KESEHATAN - Diabetes telah banyak diketahui orang sebagai penyakit Silent Killer, atau pembunuh perlahan yang akan merenggut nyawa penderitanya. Diabetes sendiri merupakan sebuah penyakit dengan ketidakmampuan tubuh memproduksi insulin yang cukup, sehingga ia tidak mampu mengubah zat gula yang masuk ke tubuh menjadi energi.

Mengetahui sejak dini gejala diabetes merupakan hal yang tepat untuk mencegah terjadinya penyakit ganas, yang disebabkan oleh menumpuknya kadar gula dalam tubuh / darah.

Berikut beberapa gejala atau tanda awal jika seseorang mengidap penyakit diabetes :

1. Sering merasa lapar

Gejala pertama yang ditimbulkan dari pengidap diabetes adalah sering merasa lapar. Kondisi seperti ini sebenarnya terjadi karena tubuh tidak memiliki insulin yang cukup, atau sel tubuh tidak dapat menerima insulin yang dihasilkan oleh pankreas. Akibatnya asupan makanan yang dikonsumsi akan diubah menjadi kadar gula dan membuat penderita merasa lapar kembali.

2. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil dalam sehari melebih 5-8 kali adalah gejala selanjutnya dari orang yang mengidap penyakit gula ini. Hal ini disebabkan karena glukosa yang sudah masuk ke dalam ginjal seharusnya akan dicerna oleh tubuh. Namun dalam kondisi kadar gula yang meningkat dalam darah, mengakibatkan semua sisa metabolismenya terbuang setelah melewati ginjal.

3. Sering haus

Sering buang air kecil dan dehidrasi adalah dua gejala yang saling berkaitan. Ketika cairan tubuh penderita akan keluar bersama urine, maka otomatis tubuh akan membutuhkan cairan lebih banyak lagi. Singkatnya, semakin sering merasa haus menandakan kadar gula dalam darah juga semakin meningkat.

4. Penglihatan kabur

Kondisi cairan tubuh yang tidak seimbang akibat terbuang secara berlebih melalui urine, juga berakibat buruk untuk mata. Saat tubuh kekurangan banyak cairan maka lensa mata akan menjadi bengkak, dan mempengaruhi penglihatan orang yang mengidap penyakit ini pandangannya menjadi kabur.

5. Keringat berlebihan

Gejala terakhir yang pasti dialami oleh penderita gula darah yaitu keluar keringat berlebihan. Hal ini terjadi karena cairan dalam tubuh akan memaksa tubuh untuk melakukan metabolisme. Dengan kondisi tubuh yang tidak bisa melakukan metabolisme dengan baik, maka tubuh akan bekerja lebih keras hingga memungkinkan untuk mengeluarkan keringat berlebih.

Oleh: Er
Editor: Yakop
Sumber referensi :halosehat.com/penyakit/diabetes/gejala-diabetes

Gambar ini diiklankan oleh Sekadau.com

iklan kpu
 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'