Sumber Video: Pontianak Tribunnews


SEKADAU HILIR - Bawaslu Kabupaten Sekadau menggelar sosialisasi pengawasan pungut hitung dalam rangka pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalbar 2018, di loby Vinca Borneo Hotel Jl. Mawar kawasan pasar Sekadau, Sabtu (23/6).

Dilansir dari Pontianak Tribunnews, Komisioner Bawaslu Kabupaten Sekadau, Al Aminudin dalam arahannya mengatakan, kemenangan ada di tahapan ini.

Semaksimal apapun kerja calon, ketika saat ini mereka menganggap penyelenggaraan ini tidak sesuai, tentu yang bertanggungjawab yaitu lembaga pengawas pemilu.

Tentu kita harus berbagi peran sesuai kewajiban di wilayah masing-masing.

Dan tentunya dalam pengawasan ini merujuk ke dasar hukum yang ada.

"Pada prinsipnya adalah, kita memastikan bahwa proses pungut hitung sesuai dengan mekanisme dan tata cara sesuai PKPU dan Undang-undang," ujarnya.

Ia juga mengatakan, jika tidak sesuai, maka harus menyampaikan saran perbaikan. Artinya selesaikan terlebih dahulu, jangan sampai pelanggaran yang terjadi diselesaikan diluar itu.

Al melanjutkan, dalam proses pungut hitung itu jika tidak sesuai serta merta harus disampaikan ke penyelenggara untuk mematuhi tata cara.

Jika tidak dilaksanakan, kata dia, maka itu bisa dijadikan sebuah temuan. Artinya, pencegahan yang sangat diutamakan.

Jika ditemukan pelanggaran dan langsung diproses tentu akan bubar.

Maka yang harus perkuat bagaimana pengawas pemilu ditingkat TPS dan Panwascam memantau mencermati jalannya tahapan pungut hitung.

"Mereka mengerti kemudian bisa menggunakan kewenangan itu," jelasnya.

Editor: Yakop
Sumber: Pontianak Tribunnews

 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'