Penutupan Pekan Gawai Dayak Di Kembayan, DAD Gelar Pemindahan Situs Budaya Silukua' Rangka Kolik

FOTO: Penutupan Pekan Gawai Dayak Di Kembayan, DAD Gelar Pemindahan Situs Budaya Silukua' Rangka Kolik

SANGGAU, SEKADAUNEWS - Bersamaan dengan Penutupan Gawai Dayak Tingkat Kecamatan Kembayan Dewan Adat Dayak (DAD) Kembayan mengadakan Gawei Minah Pudagi Silukua' Rangka Kolik di Romin Bunuo Dusun Sebongkuh Desa Sebongkuh Kecamatan Kembayan.

Dilansir dari Suarasanggau.co.id, Kegiatan ini dimaksud sebagai bentuk pelestarian budaya serta memperkokoh jati diri masyarakat Dayak Kacamatan Kembayan, Selasa (12/6/2018) pagi.

"Gawei minah pudagi Silukua' Rangka Kolik ini dilaksanakan berdasarkan persetujuan pihak keluarga, ahli waris keturunan Lunteh Babei Gi' dan sudah melakui tahapan proses yakni Ritual Adat Punabe' pada tanggal 10 Juni 2018", Papar Drs. Yosep Sekretaris DAD Kecamatan Kembayan dalam pengantarnya sebagai pembawa acara.

Dijelaskannya lebih lanjut, usai pantangan Ritual Punabe' pada tanggal 12 Juni 2018 dilakukan acara menggali Pudagi yang akan dipindahkan, selanjutnya digendong menggunakan kain putih dan diarak menuju tempat yang baru di halaman Romin Bunuo Sebongkuh dan dilanjutkan Ritual Adat Punguru' yakni mendudukkan Pudagi di tempat yang telah disiapkan.

Hadir dalam acara ini Yulia Montu Anggota DPRD Sanggau, Forkompimka Kecamatan Kembayan, Ketua DAD Kecamatan Kembayan, Ketua DAD Kecamatan Beduai, Kades, Temenggung, Pateh,  Kadus, Kadat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda sekecamatan Kembayan, Keluarga dan Ahli Waris Silukua' Rangka Kolik.

Dalam sambutannya Yoseph Andi, SP Ketua DAD Kembayan menegaskan, dilaksanakannya ritual pemindahan Pudagi Silukua' Rangka Kolik ini dilakukan setelah ada kesempatan dengan ahli waris Pudagi Silukua Rangka Kolik dari keturunan Lunteh Babei Gi'.

Dan Ritual dimaksud bukanlah mengembalikan kepercayaan animisme namum lebih kepada upaya kita menjaga situs budaya dengan cara mempelajari sejarah dengan menggali nilai-nilai luhur untuk membangun masa depan.

"Agar situs budaya ini tetap terjaga, pemeliharaannya dimandatkan kepada DAD Kembayan bersama Donatus Liyong juru kunci Pudagi Silukua Rangka Kolik", ujar Yoseph Andi.

Dalam puncak acara dilakukan ramah-tamah sekaligus penutupan Gawai Dayak Tingkat Kecamatan oleh Camat Kembayan Drs. Inosensius Nono.

Dan ia berharap DAD bisa menjadi lembaga pemersatu masyarakat adat dayak, tempat berdiskusi dalam upaya mempertahankan nilai-nilai yang diwariskan para leluhur.

Berita ini telah ditayangkan Suarasanggau.co.id (13/6/2018) dengan Judul Tutup Pekan Gawai Kecamatan, DAD Kembayan Gelar Ritual Pemindahan Situs Budaya Silukua' Rangka Kolik.

Editor: Yakop
Oleh: Er/Nikodemus Niko/Kundori

Gambar dibawah ini diiklankan oleh CV.Sekadau.com

Banner ucapan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 Banner ucapan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 Banner ucapan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 Banner ucapan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1439 H Tahun 2018
 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'