Tetap Sehat Selama Mudik, Inilah 15 Pesan Menteri Kesehatan

guesehat.com

CITIZEN, SEKADAUNEWS - Seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri, jalan, bandara, pelabuhan, dan terminal sudah mulai dipadati dengan orang-orang yang akan mudik.

Apalagi di tahun ini presiden menambahkan hari libur untuk merayakan Lebaran.

Jadi sejak Senin (11/06) kemarin, Jakarta sudah mulai kelihatan lengang. Nila Moeloek selaku Menteri Kesehatan memberikan edukasi agar tetap sehat selama perjalanan mudik.

Dalam kampanyenya, Nila Moeloek menegaskan 15 cara agar pemudik tetap aman dan sehat selama melakukan perjalanan panjang, terutama bagi mereka yang menjalankan ibadah puasa dan yang melakukan perjalanan mudik di malam hari.

Berikut isi ke-15 pesan, seperti dilansir dari kesmas.kemenkes.go.id.

SATU: Siapkan fisik yang sehat dan prima sebelum mudik. Kamu harus memperbanyak waktu tidur sebelum berangkat mudik. Konsumsi pula vitamin, seperti vitamin C, untuk membantu tubuh memiliki sistem imun yang kuat. Jika Kamu berpuasa, jangan lupa untuk lebih banyak minum air putih saat sahur, agar terhindar dari dehidrasi selama di perjalanan.

DUA: Periksakan kondisi kelayakan kendaraan. Ini penting ya, Gengs! Segera bawa kendaraanmu ke bengkel dan pastikan apakah aman digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

TIGA: Tidak mengonsumsi minuman maupun obat-obatan yang membuat mengantuk sebelum mengemudi. Apabila Kamu diwajibkan untuk mengonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya pergi bersama keluarga yang bisa menggantikanmu mengemudi.

EMPAT: Beristirahatlah 15 menit setiap 4 jam sekali. Baik untuk Kamu yang telah terbiasa mengemudi maupun yang tidak, sering-seringlah berhenti untuk istirahat. Kamu dapat tidur sekitar 15 menit. Jangan lupa untuk meregangkan otot-ototmu, ya!

LIMA: Jangan memaksa untuk terus mengemudi jika sudah lelah dan mengantuk.

ENAM: Bersikaplah disiplin dan patuh pada peraturan lalu lintas, untuk menghindari risiko buruk seperti kecelakaan. Ingat Gengs, bukan hanya keselamatanmu lho yang dijaga, melainkan keselamatan keluargamu juga pengemudi lainnya.

TUJUH: Kendalikan kecepatan kendaraan, terutama saat melewati jalan bergelombang atau rusak, dan cuaca buruk. Ini penting, terutama untuk pemudik yang naik motor. Sebaiknya berhenti sejenak ketika cuaca buruk.

DELAPAN: Kendaraan tidak melebihi muatan sesuai aturan. Pasalnya, pihak perusahaan asuransi hanya bisa mengganti sejumlah muatan yang disetujui peraturan jika terjadi kecelakaan.

SEMBILAN: Untuk pengemudi motor, gunakan masker untuk melindungi diri dari polusi udara.

SEPULUH: Jangan menerima dan mengonsumsi makanan maupun minuman yang diberikan orang yang tak dikenal. Lebih baik lindungi diri sendiri dari kemungkinan buruk.

SEBELAS: Selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum makan.

DUA BELAS: Pilih dan konsumsilah makanan dan minuman yang sehat. Apabila Kamu susah menemukannya di perjalanan, sebaiknya persiapkan dari rumah. Kamu dapat memilih makanan yang direbus serta membawa banyak air putih.

TIGA BELAS: Buanglah sampah pada tempatnya.

EMPAT BELAS: Tidak buang air besar maupun kecil di sembarang tempat. Gunakanlah fasilitas toilet yang telah disediakan.

LIMA BELAS: Jika merasa kurang sehat, manfaatkan pos kesehatan terdekat.

Nah, pesan dari Menteri Kesehatan di atas mudah dilakukan, kan?

Di akhir kampanyenya, Nila Moeloek kembali berpesan supaya para pemudik selalu memperhatikan kesehatan, keamanan, dan keselamatan diri.

 Kalau Kamu, tahun ini mudik naik apa? Apapun pilihanmu, selamat liburan dan hati-hati di jalan ya, Gengs! Ingat, keselamatan adalah yang utama.

Oleh: Er/Bd/As
Editor: Yakop
Sumber: www.guesehat.com/inilah-15-pesan-menteri-kesehatan-agar-tetap-sehat-selama-mudik

Gambar dibawah ini diiklankan oleh CV.Sekadau.com

Banner ucapan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 Banner ucapan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 Banner ucapan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1439 H Tahun 2018 Banner ucapan Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1439 H Tahun 2018
 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'