Lomba Sumpit di Pekan Gawai Dayak IX Sekadau

Peserta perlombaan sumpit pada Pekan Gawai Dayak IX Kabupaten Sekadau.


Gawai Dayak, Sekadau.com - Berbagai lomba dalam pelaksanaan Pekan Gawai Dayak IX Kabupaten Sekadau, salahsatunya yang tak kalah menarik disaksikan yakni lomba sumputi.

Sumpit salahsatu alat tradisional suku dayak itu masuk kategori beregu sebagai lomba terakhir pada Pekan Gawai Dayak IX Kabupaten Sekadau, Sabtu (21/7/2018) di Betang Youth Center kemarin.

Saat ditemui, Gunawan selaku Ketua Panitia PGD Ke IX Sekadau mengatakan bahwa semua perlombaan telah dilaksanakan.

"Yang terakhir lomba sumpit, karena pada malam hari nanti penutupan acara gawai," kata Gunawan pada awak media, Sabtu (21/7/2018) kemarin.

Agar pembagian hadiah tidak menumpuk pada malam penutupan, kata Gunawan, setiap selesai lomba, para pemenang langsung dibagikan hadiah.

Salah satu tujuannya adalah agar pada acara puucak malam penutupan acara tidak hanya terfokus pada pembagian hadiah semata.

Belajar dari tahun-tahun sebelumnya waktu malam hiburan, waktu hanya dihabiskan dengan acara pembagian hadiah, sehingga acara lainya tidak bisa ditampilkan.

Kebiasaan ini yang kita ubah, juara hanya diumumkan pada malam penutupan nanti,” ucapnya.

Dikatakan dia lagi, untuk lomba sumpit, untuk kategori beregu juara I DAD Sekadau Hilir dengan perolehan nilai 625, sedangkan juara ke II juga diraih oleh DAD Sekadau Hilir dengan perolehan nilai 620 dan juara ke III diraih oleh Sanggar Sempato dengan perolehan nilai 465.

Kemudian untuk juara pada kategori lomba tunggal putra, juara pertama Obang Surianto dari Sekadau hilir, juara kedua Willy dari DAD Sekadau Hilir dan juara ketiga diraih oleh Xiveri dari Sanggar Sempato.

Sedangkan lomba tungal putri, juara pertama diraih oleh Elisabet dari Sekadau Hilir, kemudian juara kedua diraih oleh Nani dari Belitang Hulu dan juara ketiga diraih oeh Monika Sella.

Oleh: Mussin
Editor: Yakop

Banner ini diiklankan Sekadau.com

Iklan Pemkab HUT RI Ke 73
 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'