Sapu Bersih Pungutan Liar, UPP Sekadau Lakukan Sosialisasi
Sumber Foto: Humas Polres Sekadau

Sosialisasi sapu bersih pungutan liar di aula Bhayangkara Patriatama Polres Sekadau, Selasa (17/7/2018) pukul 10.30 WIB.


LAPORAN WARTAWAN SEKADAUNEWS, MUSSIN

Sekadau Hilir, Sekadau.com - Sosialisasi sapu bersih pungutan liar yang dilaksanakan oleh Unit Pemberantasan Pungli (UPP) kabupaten Sekadau di aula Bhayangkara Patriatama Polres Sekadau, Selasa (17/7/2018) pukul 10.30 WIB.

Upaya saber pungli adalah upaya terakhir setelah pembinaan terhadap pelayanan publik tidak bisa dilaksanakan.

Wakapolres Kompol H. Adiono Dwi Waluyo, S.IK, selaku ketua 1 Saber Pungli mengatakan alasan yang menjadikan saber pungli penting, karena pungli sangat merusak sendi-sendi kehidupan masyarakat.

Tindakan ini sangat membebani rakyat, sehingga dibutuhkan dukungan dari banyak pihak dalam peran pengawasan di instansi masing-masing.

Dalam institusi kepolisian, lanjut Wakapolres, peran saber pungli dititikberatkan pada fungsi Binmas dan Bhabinkamtibmas sebagai pencegahan.

Tujuan menghadirkan Bhabinkamtibmas dalam kegiatan ini, karena mereka sebagai agen lapangan untuk sosialisasi saber pungli, peran Bhabinkamtibmas bersentuhan langsung dengan masyarakat.

"Dan apabila mereka menemukan pungutan liar diluar ketentuan, jadi Bhabinkamtibmas inilah yang akan melaporkan kepada kami," ujar Wakapolres Kompol H. Adiono Dwi Waluyo, S.IK.

Salah satu contoh adalah pengawasan penggunaan anggaran dana desa (ADD).

Kedepannya, Bhabinkamtibmas dalam tugasnya nanti akan mengkampanyekan serta mensosialisasikan di setiap pelayanan publik pada tiap kecamatan dan desa binaaan.

"Ini juga merupakan salah satu terobosan Polres Sekadau dalam membangun budaya anti pungutan liar di wilayah kabupaten Sekadau," sambungnya.

Diharapkan juga Bhabinkamtibmas nantinya bersinergi dengan TNI melalui Babinsa sesuai dengan instruksi presiden tentang sosialisasi dan pencegahan Saberpungli, dan setelah sosialisasi ini diharapkan segala bentuk pungutan liar dapat segera dihentikan agar tidak membebani rakyat.

Oleh: Mussin/Nr/Arg
Editor: Yakop
Sumber: Humas Polres Sekadau

Gambar ini diiklankan oleh Sekadau.com

iklan kpu
 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'