Sejumlah anak punk diangkut Polres Sekadau di Terminal Lawang Kuari, Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Kabupaten Sekadau, Jumat (24/8).

Anak punk tersebut datang dari berbagai daerah. Bahkan ada yang berasal dari pulau Sumatera hingga Jawa.

Mereka diamankan karena dikhawatirkan dapat mengganggu ketertiban masyarakat. Anak punk tersebut diangkut untuk didata dan diberikan pembinaan oleh Polres Sekadau.

Kanit Dalmas Sat Sabhara Polres Sekadau Bripka Ade Rianura yang memimpin penertiban tersebut mengatakan, penertiban dilakukan karena banyak laporan dari masyarakat bahwa keberadaan anak punk yang meresahkan.

"Keberadaan mereka ini di khawatirkan dapat meresahkan masyarakat. Dan masyarakat juga sudah banyak yang mengadu tentang keberadaan dan aktivitas mereka, untuk itu kita tertibkan," ujarnya kepada Tribun.

Ade juga mengatakan, dari penertiban anak punk tersebut didapat 40 anak. Yang terdiri dari 36 laki-laki dan 4 orang perempuan, dan bahkan ada yang dibawah umur.

"Ada sekitar 40 anak yang kita tertibkan dan kita beri arahan di Mapolres. Bahkan ada 7 anak yang masih berstatus dibawah umur," ungkap Ade.

Sementara itu, Ketua Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) Kabupaten Sekadau, Trino Junaidi mengapresiasi pihak kepolisian yang turut membina anak punk tersebut. Kendati demikian, ia juga prihatin dengan keberadaan anak punk.

“Ditambah dengan stigma negatif yang disematkan kepada anak punk tersebut. Kami dari FKPM Kabupaten Sekadau, juga membina anak punk, yaitu mengajak mereka untuk bekerja,” ujar Trino.

Dengan begitu, mereka diharapkan tidak lagi mengamen yang dapat meresahkan masyarakat. Kemudian, mereka juga bisa merubah diri mereka yang arah yang lebih baik lagi.

“Apalagi dengan keterampilan yang dimiliki bisa menjadi bekal bagi hidup mereka. Pembinaan tersebut bertujuan agar kedepan mereka menjadi mandiri dan bisa menekan jumlah anak punk, khususnya di Kabupaten Sekadau,” pungkasnya.

Sumber: Pt
Editor: Yakop

Banner ini diiklankan Sekadau.com

Iklan Pemkab HUT RI Ke 73
 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'