PEMERINTAH, SEKADAUNEWS - PT Sinar Wijaya Indonesia (SWI) perusahaan yang bergerak di bidang energy saving companies (ESCO) atau penghematan energi, melakukan ekspose di Kabupaten Sekadau.

Acara tersebut digelar di aula lantai 2 kantor Bupati Sekadau, Kamis (18/10). Wakil Bupati Sekadau Aloysius membuka langsung kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya Wabup mengatakan, ekapose tersebut agar menjadi telaah bagi instansi terkait sebagai bahan pertimbangan jika akan dilakukan MoU di masa mendatang.

"Silahkan dipaparkan apa yang menjadi program dan penawaran PT SWI agar menjadi pertimbangan kami," kata Wabup.

Kepala cabang PT SWI Kalbar, Widiansyah memaparkan, perusahaan mereka fokus pada penghematan energi, khususnya revitalisasi penerangan jalan umum.

"Kami sudah ekspose di Kabupaten Sambas, Sintang, kota Singkawang dan hari ini di Kabupaten Sekadau. Untuk Kabupaten Sintang, kita sedang menuju MoU," ujar Widiansyah.

Prinsip kerjasama yang ditawarkan PT SWI yakni penghematan energi dan anggaran. Widiansyah menjelaskan, pendanaan, perawatan dan sumberdaya manusia akan disiapkan oleh PT SWI. Dalam kerjasama nantinya jika terlaksana, pemerintah daerah hanya melakukan pembayaran penggunaan listrik secara riil sesuai pemakaian. Dari situ akan terjadi penghematan anggaran.

"Pola ESCO adalah Pemda tidak mengeluarkan dana sampai berjalan. Untuk performanya, Pemda menyicil dari hasil penghematan anggaran yang diproyeksikan mencapai 20 persen keatas. Kami yang akan melakukan perawatan dan sebagainya," jelas Widiansyah.

Kegiatan ekspose itu sendiri dihadiri sejumlah pimpinan SKPD dan para camat.

Oleh: Mussin/bt
Editor: Yakop
 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'