PEMERINTAH, SEKADAU.COM - Wakil Bupati Sekadau Aloysius membuka rapat koordinasi penyelesaian penetapan batas desa dalam kecamatan, Senin (26/11).

Rakor tersebut diadakan oleh Bagian Pemerintahan Setda Kabupaten Sekadau. Rakor tersebut dihadiri para camat dan kepala desa se-Kabupaten Sekadau.

Dalam sambutannya Wabup mengatakan, penyelesaian batas wilayah merupakan pekerjaan rumah yang belum terselesaikan sejak pemekaran Kabupaten Sekadau.

Salah satu contoh yang jelas yakni tidak sinkronnya data luas wilayah Kabupaten Sekadau jika disandingkan dengan luas wilayah berdasarkan profil desa. Dari data profil 87 desa, jika diakumulasikan luasnya melebihi data luas wilayah Kabupaten Sekadau yang ditetapkan undang-undang.

"Kita mempunyai peranan besar dalam menyelesaikan pekerjaan rumah yang berlarut-larut ini," kata Wabup.

Untuk membereskan persialan tersebut, tentu dimulai dari tingkat bawah yakni penetapan batas antar desa.

Penetapan batas ini menggunakan metode kartometrik yang berdasarkan penelusuran garis pada peta kerja dan penghitungan posisi titik, garis, jarak dan luas cakupan wilayah sesuai peta dasar.

"Kartometrik merupakan metode baru yang digunakan dalam penetapan batas desa," tutur Wabup.

Dalam rakor itu, tiap desa dibagikan peta dasar yang akan digunakan pada proses pengukuran batas.

"Dalam menetapkan batas desa, saya harap jangan mengedepankan ego sektoral, jangan ada bahasa menang atau kalah dalam proses ini," pesan Wabup

Oleh: Mussin/bn
Editor: Yakop

Gambar ini diiklankan oleh Sekadau.com

iklan kpu
 
Redaksi Tentang kami Kontak Beriklan
'