oleh

Mau Kembangkan Kreativitas dan Imajinasi Anak, Ini Caranya!

SEKADAU.COM – Pertama jangan pernah meremehkan peran penting dari imajinasi dan kreativitas anak ya, Mums. Pasalnya, anak yang penuh dengan imajinasi dan kreativitas akan selalu merasa penasaran dan ingin tahu. Hal ini tentu penting untuk perkembangannya.

Lalu, bagaimana cara mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak?

Imajinasi memiliki berbagai manfaat untuk tumbuh kembang si Kecil. Imajinasi dapat membuatnya terampil dalam bersosialisasi dan berkomunikasi, memperkaya pengetahuannya, membuatnya lebih percaya diri, mandiri, dan mampu bersaing, bahkan dapat memunculkan bakat yang telah lama terpendam.

Dengan berimajinasi, si Kecil nantinya dapat berpikir lebih kreatif.

Nah, salah satu cara meningkatkan imajinasi dan kreativitas ialah dengan bermain. Menurut Elysna, Children Sales Leader IKEA Indonesia, bermain sebenarnya dapat mendorong daya imajinasi dan kreativitas anak-anak.

“Apalagi jika anak menggunakan mainan seperti soft toys. Hal itu akan membuat anak bereksplorasi dengan imajinasi mereka. Ini juga yang mendorong kita untuk menyelenggarakan Let’s Play Campaign,” tambahnya dalam konferensi pers IKEA Children Drawing Competition, Selasa (18/12) di Tangerang.

Meski bermain dapat mengembangkan imajinasi anak, Mums dan Dads juga sesekali perlu memperhatikan mainan yang digunakan oleh si Kecil.

Sebaiknya pilihlah mainan yang tidak membahayakan anak. Hal yang tidak kalah penting ialah menemani si Kecil selama bermain.

Saat Mums berdiskusi atau bekerja sama dengannya menciptakan permainan imajinasi yang seru, hal ini akan menciptakan bonding antara Mums atau Dads dengan si Kecil.

Untuk terus mengembangkan imajinasi dan kreativitas si Kecil, Ririn Basuki selaku Public Relations IKEA Indonesia pun menyarankan agar Mums atau Dads mulai membatasi penggunaan gadget pada anak.

“Jangan biarkan gadget membatasi daya imajinasi dan kreativitas anak,” ungkapnya. Mums atau Dads bisa mengalihkan si Kecil pada kegiatan lain yang dapat membuatnya lebih imajinatif dan berpikir kreatif.

Tidak sebatas bermain dan membatasi penggunaan gadget, mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak juga bisa dilakukan dengan cara lain.

Mums atau Dads bisa mengajak anak untuk melakukan kegiatan seni, seperti menggambar atau melukis.

“Menggambar merupakan medium yang baik sekali untuk mendorong kreativitas anak. Atas dasar inilah yang membuat IKEA menyelenggarakan Drawing Competition,” ujar Ririn.

IKEA Drawing Competition memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk menggambar boneka impian mereka. Hal ini tidak hanya dapat meningkatkan daya imajinasi si Kecil, melainkan juga dapat menjadi sarana komunikasi anak-anak.

Kompetisi ini telah berlangsung di seluruh toko IKEA di seluruh dunia pada 1-18 November lalu. Setiap negara yang berpartisipasi, termasuk Indonesia, akan memilih 15 gambar terbaik, kemudian dipilih 5 gambar terbaik secara global.

Jadi, mengembangkan imajinasi anak bisa dilakukan dengan cara apapun, bahkan melalui kegiatan bermain ataupun kegiatan yang berbau seni. Batasilah penggunaan gadget dan ajak si Kecil untuk lebih bereksplorasi.

Bagaimana sih pengalaman Mums dalam mengembangkan imajinasi dan kreativitas si Kecil? Yuk, berbagi cara atau pengalaman yang Mums atau Dads miliki dalam mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak di forum Guesehat. Mums atau Dads bisa mulai berbagi pengalaman dengan klik di sini!

Oleh: ER/TI/AS
Editor: Yakop
Sb: guesehat

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga