oleh

13 Desa Ikut Pelatihan Mendukung Pengembangan Kabupaten Layak Anak (KLA)

SEKADAU, Sekadaucom – 13 Desa ikut pelatihan yang dilaksanakan oleh Wahana Visi Indonesia, bekerjasama dengan DPMD dan P3MD Kabupaten Sekadau di aula Hotel Multi Sekadau Kalimantan Barat, Senin (21/1/2019). kegiatan ini didanai oleh Uni Eropa.

Sugiatno Zulkarnain selaku Fasilitator Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif P3MD Kab Sekadau meminta agar Fasilitator desa harus mendukung sepenuhnya dalam pengembangan Kabupaten layak anak (KLA) di Kabupaten Sekadau.

Seperti diketahui, kata Sugiatno, UU Desa mengamatkan dana desa dari APBN diberikan langsung ke setiap desa di Indonesia untuk membiayai program pembangunan berdasarkan kebutuhan dan prioritas mereka sendiri.

“Saat ini ada 196,378  pusat PAUD di seluruh Indonesia dan hampir semua dikelola sendiri, seringkali oleh komunitas sendiri,” terangnya.

Memasukan anak-anak ke Layanan PAUD (Pendidkan Anak Usia Dini) yang bermutu sering merupakan prioritas tinggi bagi masyarakat,

“Dan UU Desa memberikan kesempatan bagi desa-desa untuk melakukan investasi di pusat PAUD dan guru-guru mengingat investasi publik yang terbatas”, jelasnya.

Sementara, perwakilan dari Pattiro Jakarta, Agus kepada wartawan menyampaikan, terkait dengan kegiatan ini, ia sangat mengapresiasi dalam kegiatan tersebut.

Ada beberapa hal yang penting diketahui oleh pemerintah desa dalam mencapai tujuan dari berdesa.

Menurut UU Desa pasal 7 sebagaimana pembangunan desa itu bisa selenggarakan dalam titik volumenasinya kesejahteraan masyarakat.

Dalam kegiatan ini juga, ingin merespon isu bagaimana membangun di desa dalam pelayanan sosial dasar kesejahteraan anak.

Itu menjadi isu tematik di pelatihan ini agar desa di perencanaannya bisa memikirkan hal-hal yang mendasar dalam pelayanan publik dan kesejahteraan bagi anak.

“Dengan adanya pelatihan ini, bisa mengharahkan perangkat desa agar responsive terhadap pelayanan dasar dan anak”, tutup Agus.

(mussin)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga