oleh

3 Tips, Hoax atau Bukan, Ini Menurut Ketua GNPK-RI Sintang

Sintang, Sekadaucom – Maraknya arus informasi tidak benar yang viral di sebut dengan istilah Hoax sepanjang tahun 2018 menjadi salah satu berita yang selalu tayang di layar televisi.

Hal ini membuat banyak masyarakat awam menjadi bingung dan waspada terhadap informasi-informasi yang beredar.

Kewaspadaan terhadap berita hoax tersebut sangat baik.

Namun akan menjadi tidak baik jika semua berita yang belum diketahui isinya dan hanya membaca judul saja sudah dianggap hoax.

Hal itu merupakan over curiga, padahal sebenarnya bukan hoax.

Ketua Gerakan Nasional Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia ( GNPK-RI) Kabupaten Sintang Alek Akoran pun menanggapi akan fenomena ini.

“Bagus-bagus saja waspada hoax. Tapi masyarakat kita juga banyak yang belum tahu dan membedakan mana yang hoax dan mana yang tidak,” jelas Alex Akoran pada awak media.

Menurut Alex, hoax dapat diketahui melalui beberapa kriteria,

Pertama link website itu sendiri.

Nah dari link web yang diberikan ini, kita akan tahu apakah ini hoax atau tidak, istilahnya kita sudah tahu kecurigaannya.

Kedua, judul sebuah link web yang didapat.

Namun judul ini biasanya bertolak belakang dengan isi informasi yang ada.

Ketiga, silahkan dibaca isinya dan dicermati.

Dari isinya, kita akan tahu ini benar atau tidak sehingga pembaca harus berfikir ulang antara menshare atau justru menghapusnya karena hanya sebagai sesuatu yang dikatakan hoax.

“Kira kira itu 3 tips dari saya. Kita benci hoax karena banyak berisi fitnah. Tapi jangan berlebihan semua dikatakan hoax. Nanti anda miskin informasi. Kita mesti bijak dan pandai memilih informasi yang kita dapat,” jelas Alex.

Penulis : Tim Liputan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca juga