oleh

Bumi dan Bulan Ternyata Sering Kejatuhan Asteroid

Intensitas asteroid yang menimpa bumi dikabarkan meningkat tiga kali lipat sejak zaman dinosaurus.

Serangan asteroid terhadap bumi dan bulan meningkat drastis dalam selang waktu 290 tahun terakhir.

Bumi awalnya hanya mengalami tabrakan dengan asteroid setiap tiga juta tahun sekali. Lalu kemudian , intensitasnya meningkat menjadi hampir setiap satu juta tahun sekali.

Serangan asteroid itu telah menjadi penyebab musnahnya populasi dinosaurus dan hewan purba lainnya yang hidup pada masa itu.

Penelitian juga menunjukkan bahwa dari 95 serangan asteroid di permukaan bulan yang terjadi dalam miliaran tahun belakangan, 50 diantaranya terjadi dalam kurun waktu 290 juta terakhir.

Dilansir dari jurnal Science, para peneliti mengemukakan bahwa bulan dan bumi diserang asteroid dengan frekuensi yang hampir sama.

Bedanya terdapat pada dampak dari tabrakan yang terjadi di bumi yang berupa kawah cenderung hilang seiring berjalannya waktu akibat erosi dan pergeseran lempeng  benua. Sedangkan, di bulan kawah – kawah tersebut mungkin masih bisa terlihat.

Penelitian tersebut juga merupakan pengamatan yang dilakukan melalui gambar dari Lunar Reconnaissace Orbiter milik NASA untuk mempelajari debu dan batuan yang berada di bulan.

Lalu dari hasil pengamatan tersebut, para ilmuwan bisa memperkirakan kapan kawah tersebut terbentuk seperti yang dikutip melalui The Guardian.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *