oleh

Fenomena Matahari Muncul Saat Tengah Malam Di Alaska

Fenomena matahari muncul saat tengah malam itu terjadi di kota Utqiagvik, Alaska.

flickr

Kota Utqiagvik di huni oleh sekitar empat ribu jiwa. Mayoritas penduduknya adalah orang asli Alaska.

Kota ini terletak di sebelah utara Amerika Serikat. Orang – orang memiliki sebuah moto yaitu “menjadi kota amerika utara”.

Utqiagvik tadinya dikenal sebagai Barrow. Beberapa orang disana bekerja mengoperasikan ladang minyak. Sementara itu sisanya bekerja sesuai dengan lowongan pekerjaan yang disediakan oleh pemerintah.

Menariknya, Utqiagvik juga sering mengalami berbagai fenomena alam menakjubkan yang langka terjadi di wilayah lain.

Salah satu peristiwa alam yang paling mencolok dari Utqiagvik ini adalah munculnya matahari di tengah malam. Munculnya matahari pada malam hari umumnya terjadi pada saat musim panas di lingkaran Arktik.

Saat itu matahari terbit selama seharian penuh , artinya matahari akan terbit selama siang hari maupun malam hari. Namun matahari itu hanya bisa terlihat jika kondisi cuaca memungkinkan.

Peristiwa unik dan langka itu menjadi daya tarik tersendiri bagi kota Utqiagvik. Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa hal lain yang menarik dari kota tersebut, yaitu lamanya ukuran malam hari di kota Utqiagvik ketika sedang menghadapi musim dingin.

Jadi ketika musim dingin melanda, kota itu akan mengalami malam hari yang sangat lama, bahkan terkadang bisa mencapai 65 hari.

Kabarnya, tanggal 23 Januari kemarin merupakan hari pertama bagi warga kota Utqiagvik untuk kembali melihat matahari terbit di tahun 2019 ini.

Hal itu terungkap dari cuitan penduduk Utqiagvik bernama Mark Tarello pada beberapa bulan lalu berikut ini.

“Matahari sudah terbenam hari ini di Barrow, Utqiagvik, Alaska. Sekarang adalah waktunya 65 hari tanpa matahari terbit ! matahari akan kembali terbit pada 23 Januari pukul 01:04 PM waktu Alaska”

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *