oleh

Kini Bisa Upload Foto Ukuran Besar di Facebook Tanpa Menguras Kuota

Jejaring sosial Facebook yang didirikan Mark Zuckerberg mengeluarkan tool open-source bertajuk Spectrum yang memungkinkan kita untuk mengunggah foto berukuran besar tanpa menguras kuota.

sumber : googleplay

Tool ini berfungsi untuk mempertahankan kualitas foto berukuran besar yang diunggah pengguna facebook tanpa harus menguras kuota.

Pada awalnya,tool ini hanya bisa digunakan secara terbatas di beberapa aplikasi buatan facebook yang memiliki fitur upload foto. Kini , pengembang aplikasi android dan iOS bisa juga menggunakan tool pada aplikasi mereka yang memiliki fitur upload gambar.

Spectrum adalah perangkat image processing library yang dapat diintegrasikan ke berbagai aplikasi Android dan iOS.

Tool ini akan mengurangi ukuran file sebesar 15 % dari ukuran aslinya dengan menggunakan teknologi kompresi Mozilla JPEG.

Meskipun ukuran file di kompresi, tetapi tool ini dapat menjaga kualitas foto agar terlihat optimal.

Foto yang sudah dikompresi akan membutuhkan bandwidth yang lebih sedikit dibanding biasanya. Hal ini menyebabkan penggunaan kuota / data internet menjadi lebih hemat.

Facebook berharap Spectrum dapat menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan pengguna dalam mengunggah foto berukuran besar ke berbagai macam aplikasi.

“Kami berharap Spectrum dapat bermanfaat bagi pengembang aplikasi , sama halnya dengan Facebook yang menawarkan kualitas unggahan yang baik,” kata pihak Facebook dikutip dari Tech Radar.

Saat ini, Spectrum tersedia di situs open – source project Github, dan sudah dapat digunakan oleh pengembang aplikasi mobile.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca juga