oleh

Mesin Pencarian Bing Diblokir di China

Cina dikabarkan telah memblokir mesin pencari Bing.

Sebelumnya, Cina juga memblokir Baidu.

Pengguna internet di daratan Cina mengeluhkan cn.bing.com yang tidak lagi tersedia di dalam negeri, tetapi masih bisa di akses di luar negeri.

Menurut laporan Financial Times, perusahaan telekomunikasi asal Cina yang bernama Unicom telah mengkonfirmasi tindakan itu berasal dari pemerintah. Tetapi tidak diketahui alasan dari pemblokiran itu.

Sebenarnya pemblokiran atas produk Amerika memang bukan lagi menjadi sesuatu yang baru di Cina. Banyak situs web yang sudah lebih dulu di blokir sebelum Bing, seperti Twitch, Facebook, Instagram, dan Twitter.

Bing selama ini sudah menuruti ketentuan sensor di Cina , tetapi meskipun begitu akhirnya Cina tetap saja memblokir Bing.

Google dulu sempat beroperasi di Cina, tetapi kemudian menarik diri pada tahun 2010 sebagai upaya protes atas kebijakan pemerintah Cina terkait kebebasan berbicara dan akses ke informasi.

Microsoft mengatakan kepada VentureBeat, bahwa pihaknya sedang mencari akar permasalahan, tetapi perusahaan masih belum bisa mengkonfirmasi apakah pemerintah cina melakukan intervensi terhadap pemblokiran Bing itu atau tidak.

“Kami mengetahui bahwa Bing mungin tidak dapat lagi beroperasi di Cina dan kami sedang menyelidiki hal itu,” kata juru bicara Microsoft.

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan