oleh

Moge Jokowi di Asian Games, Mau Tau Harga Yamaha FZ1?

Otomotif, Sekadaucom – Kalau kita menyaksikan rombongan Presiden Joko Widodo di jalan pada layar televisi atau secara langsung, maka akan ada motor besar yang mengiringinya.

Motor gede yang ditunggangi paspampres (pasukan pengawalan presiden) ini memang selalu menarik perhatian, termasuk saya yang mencintai dunia motor.

Motor yang dikendarai paspampres dan tergolong naked bikeini kemudian diketahui adalah Yamaha FZ1.

Perhatian yang besar pada Yahama FZ1 ini memang wajar, pasalnya motor gede ini berbeda dengan motor paspampres sebelumnya yang menggunakan Honda Goldwing, Yamaha XJ900, dan Yamaha FJR 1300. Lalu seperti apa Yamaha ZF1 ini?

Mari kita simak penjelasannya.

Motor yang dikendarai paspampres Presiden Joko Widodo ini merupakan generasi kedua dari Yamaha FZ1 yang diproduksi tahun 2006.

FZ1 generasi pertama sendiri muncul ditahun 2001 dengan nama FZS1000 Frazer.

Dengan banyak perubahan dalam beberapa hal seperti bagian sasis, rangka bodi, dan mesin, Yamaha FZ1 ini nampak gagah saat dikendarai.

Untuk bagian rangkanya, Yamaha FZ1 generasi kedua ini memiliki model seperti berlian dengan meterial dari aluminium dan bentuknya yang lebih kompak.

Perubahan pada mesin Yamaha FZ1 ini terlihat pada penggunaan injeksi. Selain itu ada juga perubahan pada bobot crankshaft yang lebih berat 40 persen.

Pada bagian keseimbangannya, Yamaha FZ1 ini juga mengalami pembaruan yang semakin baik.

Perubahan lain nampak pada penggunaan teknologi DOHC dan juga perbaikan pada bagian ECU dimanarespon katup ditingkatkan ketika mesin berada pada putaran rendah.

Yamaha FZ1 sendiri menggunakan mesin berkapasitas 998 cc yang mampu menyemburkan daya sebesar 150 tenaga kuda dan dengan torsi maksimum 106 Nm.

Sementara itu pada proses pengapianya, Yamaha FZ1 ini menggunakan Digital TCI (Transistor Controlled Ignition) dengan ECU 32-bit. Untuk konsumsi bahan bakarnya, moge yang berkonsep streetfighter ini tergolong irit.

Ini karena dengan jarak tempuh 100 km, Yamaha FZ1 hanya membutuhkan konsumsi BBM sebanyak 6,72 liter saja.

Untuk harga jual, Yamaha FZ1 ini memiliki banderol US$ 10.290 atau berkisar Rp125 juta.

Tapi harga tersebut adalah bukan untuk motor Yamaha FZ1 yang dipakai paspampres.

Hal ini dikarenakan PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai produsennya, menyatakan bahwa FZ1 versi paspampres tidak dijual untuk umum.

Meski demikian Yamaha FZ1 versi umum yang dilepas ke pasaran juga tak kalah menariknya untuk dimiliki.

Untuk kompetitornya, Yamaha FZ1 ini akan bersaing dengan Honda CBR 1000RR, Kawasaki Z1000 dan juga Suzuki Bandit 1250S.

 

Sb: kompasiana.com/Reza SatriaPalupi

Komentar

Tinggalkan Balasan