oleh

Pemkab Sekadau Sambut Baik Seleksi Daerah Kompetisi Matematika

SEKADAU, sekadaucom – Pemkab Sekadau menyambut baik pelaksanaan seleksi daerah kompetisi matematika ke–15 tingkat SMA sederajat se Kalbar.

Kompetisi matematika itu digelar Himpunan Mahasiswa Matematika Fakultas MIPA Universitas Tanjungpura, Pontianak yang dilaksanakan di BetangYouth Center, Sabtu (26/1).

Asisten III Setda Kabupaten Sekadau, Sapto Utomo mengatakan, terobosan itu tentunya menjadi kebanggan.

Apalagi, kegiatan tersebut dilaksanakan di Kabupaten Sekadau dan diikuti oleh pelajar.

“Ini adalah kompetisi, jadi persiapkan diri dan persiapkan mental. Tetap rileks, yang penting berdoa terlebih dahulu. Itu yang terpenting,” ujar Sapto.

Sapto berharap, kedepan para peserta yang mengikuti kompetensi tersebut samakin banyak lagi dan bisa diikuti seluruh kecamatan di Kabupaten Sekadau.

Ia berperan kepada para peserta bisa mengikuti kompetisi dengan baik.

“Ada beberapa hal yang berlu dilihat, selain harus cerdas dalam intelegensi kita harus cerdas secara emosial. IQ, EQ dan SQ harus seimbang.

Keberhasilan tergantung dari penerapan masing-masing pelajar,” ucapnya.

Menurut Sapto, matematika dinilai mampu membentu karakter seseorang. Adapun manfaatnya, kata dia, yaitu berpikir secara sistematis, berpikir dengan logika, menarik kesimpulan secara objektif dan cermat.

“Berpikir jadi sistematis, berpikir dengan logika. Jadi kalau ada berita hoax langsung disingkirkan. Bisa menjaga diri dengan berpikir dengan logika. Pelajar harus bertanggugjawab menajga amanah yang diberikan orang tua,” tuturnya.

Sementara itu, Perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau, Gelinus mengatakan, seleksi matematika tersebut dilakukan untuk menjaring para pelajar yang berprestasi dibidangnya.

Ia mengatakan, seleksi itu tidak hanya ditingkat kabupaten saja.

“Ini akan berlanjut ke tingkat provinsi. Jadi, yang meraih peringkat 10 besar akan dibawa ke provinsi. Untuk itu, kami berharap para peserta agar bersemangat dalam kompetisi ini,” pungkasnya. (Na)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca juga