oleh

Pendiri Microsoft Bill Gates Gunakan Cara Ini untuk Hilangkan Stress

Sekadaucom – Siapa sih yang tidak kenal Bill Gates? Ia adalah salah satu orang terkaya di dunia dan pendiri Microsoft.

Sebagai orang terkaya di dunia, tentu semua kesenangan dapat dengan mudah ia dapatkan.

Tetapi Bill Gates juga manusia biasa, kadang kekayaan tidak membebaskannya dari stres.

Uniknya, Bill Gates punya cara sendiri meredakan stres. Dikutip dari Business Insider, pria asal Amerika Serikat ini mengakui dirinya masih suka mencuci piring sendiri di rumah.

Ketika sebagian orang malas mekakukan pekerjaan rumah tangga ini, faktanya mencuci piring memang memiliki manfaat untuk menghilangkan stres, lho.

Penelitian yang dipublikasikan di Journal Mindfulness menunjukkan adanya hubungan antara ketenangan pikiran dengan kegiatan mencuci piring.

Kegiatan mencuci piring yang erat kaitannya dengan aroma piring, sabun, dan air diyakini dapat membuat pikiran lebih positif atau tenang.

Pikiran yang tenang ini dapat menghilangkan pikiran negatif atau mengganggu yang dapat berguna untuk menghilangkan stres.

Selain itu, mencuci piring diyakini dapat mengurangi rasa cemas dan stres, meningkatkan kualitas tidur, serta mengurangi risiko depresi.

Seperti dikutip dari Medical News Today, hal inilah yang membuat Adam Hanley bersama rekan-rekannya dari Florida University melakukan penelitian mengenai kegiatan apa yang bisa menenangkan pikiran.

Salah satunya dengan mencuci piring.

“Sebagai praktisi maupun peneliti, saya telah lama tertarik dengan segala hal yang dapat meningkatkan pikiran yang positif, ketenangan, serta ketentraman, terutama melalui kegiatan sehari-hari” ungkap Adam.

Penelitian yang dilakukan Adam bersama rekan-rekannya melibatkan 51 mahasiswa.

Dalam penelitian itu, para peserta diminta untuk mencuci piring. Namun, sebelum melakukannya, sebagian peserta harus membaca teks legkap tentang mencuci piring,

sedangkan sebagian lainnya diharuskan membaca teks yang membuat para peserta harus fokus pada proses mencuci piring tersebut.

Setelah selesai mencuci piring, para peneliti kemudian menilai pikiran mereka.

Jika dibandingkan dengan peserta yang dikontrol, para peneliti menemukan bahwa mereka yang fokus mencuci piring dan merasakan aroma sabun ataupun hangatnya air merasakan pikiran yang lebih positif atau tenang.

Mereka yang pikirannya lebih positif setelah mencuci piring merasakan ketegangan berkurang hingga 27% dan inspirasinya meningkat 25%.

Menurut The American Institute of Stress, stres memang memiliki implikasi negatif bagi kesehatan dan berkontribusi pada hadirnya berbagai penyakit.

Temuan para peneliti dari Florida University menunjukkan, pekerjaan yang dilakukan sehari-hari seperti mencuci piring dapat meningkatkan kesehatan mental dan mengurangi stres.

Para peneliti pun berencana untuk mengukur apakah pekerjaan rumah tangga lainnya dapat memiliki dampak terhadap kesehatan mental yang sama atau tidak.

“Menyapu dan merawat kebun merupakan ide-ide penelitian yang potensial,” ungkap Adam.

Namun, saat ini Adam dan rekan-rekannya bersiap untuk meninjau kembali penelitian mengenai mencuci piring yang dilakukan mereka itu.

Karena selain menghilangkan stres, mencuci piring dapat mengurangi kecemasan dan membuat pikiran lebih positif.

Nah, buat Kamu yang suka malas mencuci piring, yuk mulai mencuci piring untuk mendapatkan manfaatnya.

Sb: guesehat.com/Ti

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *