oleh

Ribuan Umat Katolik Paroki Monumental Rayakan Natal Bersama Bupati Sekadau dan Uskup

Release Hartono Bagian Humas dan Protokol Setda Pemkab Sekadau

Sekadau, Sekadaucom – Selama dua hari berturut-turut yakni Sabtu (5/1) dan minggu (6/1) 2019 Bupati Sekadau Rupinus, Wakil Bupati Sekadau Aloysius, dan Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Yulius Mencucini, CP ikut hadir merayakan natal bersama dengan ribuan umat katolik di kabupaten Sekadau.

Sabtu malam (5 /1)2019 Bupati, Wakil Bupati dan Uskup merayakan natal bersama dengan umat katolik paroki santo Petrus dan Paulus Sekadau.dan Minggu pagi (6/1)2019 Bupati, Wakil Bupati dan Uskup kembali merayakan Natal bersama dengan ribuan Umat Katolik Paroki Santo Petrus Rasul Monumental.

Menurut catatan panitia, tidak kurang dari 3000 umat katolik Paroki Santo Petrus Rasul monumental dari 52 kampung (stasi) ikut hadir dalam perayaan natal bersama yang dipusatkan di kampung budaya milik keling kumang grup yang beralamat di dusun tapang sambas,desa Tapang Semadak kecamatan Sekadau Hilir.

Hadir juga Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Albertus Pinus, anggota DPRD Aron, SH, Ketua dan Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau Ny. Kristina Rupinus,dan Ny. Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, serta para kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau.

Suasana natal masih sangat terasa saat lagu-lagu natal dinyanyikan oleh kelompok koor.Ribuan umat katolik penuh khusuk mengikuti misa syukur yang dimulai pukul 09.00 wib itu.

Sementara itu, Bupati Sekadau Rupinus, dalam sambutannya mengapresiasi program natal bersama yang telah dilaksanakan oleh paroki Monuimental dari desa kedesa. Menurut Bupati Sekadau meski usia paroki monumental ini baru 8 tahun tapi sudah lima kali melaksanakan natal bersama secara bergilir dan lebih dari 50 persen saya hadir.

“Saya ingin mengucuapkan terima kasih tak terhingga tertuama kepada bapak uskup, saya tahu bapak uskup sangat sibuk. Terima kasih juga kepada pastor paroki yang sudah melaksanakan natal bersama ini”.

Terima kasih juga kepada pemimpin umat. Dan Saya apresiasikan dan ucapan terima kasih kepada tuan rumah desa ku yang sangat ku cinta khususnya dusun tapang sambas dan tapang kemayau yang telah bersedia menjadi tuan rumah.

Di paroki monumental ini sangat beda, kalau sudah rapat dewan pengurus paroki (DPP), karena saya udah pernah ikut rapat di gonis rabu, pleno DPP untuk menjadi tuan,semua stasi berebut untuk menjadi tuan rumah, biasanya menolak.
Terima kasih atas kebersamnaan ini,” ujar Bupati.

Uskup juga mengungkapkan rasa bangganya karena perayaan natal dari tahun ketahun semakin semarak dan meriah dirayakan oleh umat mulai dari kampung, desa, kecamatan dan di kota-kota.

Menurut yang mulia kelahiran yesus mendatangkan sukacita dan damai sejahtera bagi semua umat manusia. “Saya senang sekali melihat begitu ramai manusia dari berbagai suku dan bangsa dan budaya berdampingan satu sama lain dan semangat persaudaraan ikut merayakan natal ini. semoga kebersamaan ini dipakai juga untuk melawan segala penyakit masyarakat jaman sekarang sepeertti narkoba segaala kejahatan dan ketidak adilan serta pergaulan bebas di tengah masyarakat,” papar uskup

“Saya berdoa dan berharap perayaan natal bersama, kedepan menjadi kebiasaan baik yang perlu dilanjutkan dan dijadikan tradisi bersama dimana kita bisa saling bertemu, saling meneguhkan baik dalam aspek karya maupun iman, sehingga masyarakat, gereja dan bangsa kita sejahtera dan beriman. Saya mengucapkan selamat natal dengan harapan bahwa kita semua dengan semangat para gembala siap mewartakan kemulian bagi Allah di tempat yang maha tinggi dan damai dibumi diantara orang yang berkehendak baik,” harap yang mulia ini.

Oleh: Mussin

Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca juga