oleh

Semarak Maulid Tradisional Di Masjid Babussalam Desa Tanjung

SEKADAU, SekadauCOM – Maulid Tradisional dilaksanakan secara keliling setiap tahunnya di Kabupaten Sekadau, tepat pada hari ini Minggu (13/1/2019), Majelis Ta’lim Al-Barzanji Maulid Tradisional (MTAMT) Kabupaten Sekadau Memperingati kelahiran Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam 1440 Hijriah di Masjid Babussalam, Desa Tanjung Kecamatan, Sekadau Hilir Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat.

Shalawat yang dilantunkan para jamaah menggema di Masjid Babussalam yang ditujukan kepada tuntunan kehidupan umat Muslim di dunia, Nabi Muhammad Shalallahu Alaihi Wassalam.

Masyarakat dari berbagai elemen hadir memadati dan menyemarakan Maulid tersebut. Bahkan tak hanya dihadiri oleh masyarakat Desa Tanjung, masyarakat dari berbagai daerah di Sekadau seperti Nanga Mahap, Nanga Taman, Sekadau Hulu dan Belitang Hilir pun turut hadir.

Camat Sekadau Hilir, H. Safii Yanto yang turut hadir sebagai perwakilan Pemerintah Kabupaten Sekadau mengapresiasi digelarnya Maulid tradisional ini.

Ia juga menyambut baik maulid tradisional yang digelar MTAMT Kabupaten Sekadau.

Menurut Camat Sekadau Hilir, kegiatan ini merupakan ajang silaturrahim sekaligus syiar umat Islam dalam memupuk tingkat keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Sangat baik dan positif, sebagai ajang silaturrahim sekaligus syiar umat Islam dalam memumpuk keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

“Dimana diselenggarakan dari masjid ke masjid oleh MTAMT Sekadau dalam memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad,” ujarnya.

Selain itu juga, kata Camat, hal ini merupakan wujud manifestasi dakwah bilhal sebagaimana dilakukan di jaman Rasulullah.

“Nilai dari silaturrahim dapat mengangkat rasa bersyukur secara lahiriyah. Sementara secara batiniah dapat melaksanakan ibadah lebih khusuk dan tawadu’ dalam kebersamaan,” ucapnya.

Sementara perwakilan Kantor Urusan Agama (KUA) Kabupaten Sekadau, M. Sigit, S.Ag menyampaikan, turut menyambut positif Maulid tradisional yang dihelat MTAMT Kabupaten Sekadau.

“Dengan adanya momen Maulid Nabi untuk menambah kecintaan kita pada Rasulullah,” katanya.

Sementara Kepala Desa Tanjung, Samsudin mengucapkan terima kasih kepada MTAMT Kabupaten Sekadau yang telah menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad di Desa Tanjung.

“Terima kasih kepada MTAMT Sekadau yang telah sudi menghelat Maulid Nabi di Desa Tanjung ini,” kata Samsudin yang akrab disapa Ngah Deden.

Sementara, Kapolres Sekadau yang diwakili Kasat Binmas Polres Sekadau, Iptu Masdar yang turut hadir dalam Maulid Nabi ini menyampaikan pesan kamtibmas kepada para jamaah Maulid.

Dirinya mengungkapkan bahwa gangguan keamanan di tahun 2017 antara 2018 mengalami penurunan.

“Alhamdulillah ada penurunan di tahun 2018 dibandingkan tahun 2018,” ucapnya.

Meski demikian pada tahun 2018 ini ada peningkatan pada kasus narkoba.

Untuk kasus yang lain memang agak kurang, tapi kasus narkoba ini agak memikat di Kabupaten Sekadau.

“Untuk itu, saya berpesan kepada semuanya jauhi anak dari narkoba karena narkoba adalah perusak bangsa,” pesan Masdar.

Sementara salah seorang pengurus Masjid Babussalam, Damsyah mengaku bangga dengan adanya maulid tradisional ini.

“Bangga didatangi oleh ratusan masyarakat Sekadau. Kami sangat bangga dan senang hati. Dengan momen maulid ini sangat baik. Silaturrahmi dan gotong royong antar masyarakat. Selain itu juga dihelat acara gunting rambut dan selamatan,” tukasnya.

Acara diisi dengan serakal dan puji-pujian untuk Rasululah dan para pejabat yang hadir turut melantunkan shalawat dan puji-pujiaan kepada Nabi Muhammad. (Mussin)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga