oleh

Cari 2 Orang Suara Terbanyak, Dusun Belitang Gelar Pemilihan BPD

BELITANG | Sekadaucom – Sebanyak 179 pemilih dari 215 Kepala Keluarga (KK) di 9 RT yang ada di Dusun Belitang memberikan hak pilihnya dalam rangka pemilihan anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2019-2025 di GPU Kantor Desa Belitang Dua Kecamatan Belitang Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat, Sabtu (9/2/2019).

Ketua panitia, Jamhari mengatakan bahwa kegiatan pemilihan BPD ini di mulai pada pukul 09.00 sampai pada pukul 14.00 wib.

Dan setelah itu, kata ia, langsung dilakukan penghitungan suara guna mencari 2 orang suara terbanyak.

“Bagi kepala keluarga yang berhalangan hadir memberikan suara berdasarkan surat undangan, dapat diwakili oleh salah satu anggota keluarga dan pemilihan ini kita buka jam 9 pagi sampai jam 2 siang dan setelah itu kita akan lakukan penghitungan perolehan suara untuk masing – masing calon dan suara terbanyak pertama dan kedua yang akan menjadi wakil untuk dusun Belitang, ” ungkapnya.

Ditambahkan pula olehnya bahwa jumlah calon dari Dusun Belitang sebanyak 8 orang terdiri dari 7 orang laki-laki dan 1 orang perempuan yang mana di dusun ini satu orang dari delapan calon adalah incumbent.

Hadir juga Bhabinkamtibmas Desa Belitang Dua, Brigadir Enggry dan Babinsa setempat Serda Sayuti untuk membantu dan memantau situasi kamtibmas selama kegiatan berlangsung.

Brigadir Enggry mengatakan bahwa selama ini situasi keamanan dan ketertiban warga Desa Belitang Dua selalu kondusif.

“Sebagai pusat ibukota Kecamatan Belitang, untuk Desa Belitang Dua situasi kamtibmas warga tetap kondusif meskipun warga disini terdiri dari berbagai macam suku, budaya dan agama serta kemajemukan masyarakatnya membuat warga menjadi semakin mempererat tali persatuan dan sangat menghargai perbedaan, ” ujarnya mengapresiasi kemajemukan warga Desa Belitang Dua.

Sementara itu Serda Sayuti selaku Babinsa setempat juga mengatakan bahwa kemajemukan di Desa Belitang Dua merupakan modal dasar bagi warga untuk saling menghargai perbedaan.

“Perbedaan bukan berarti menjadi penghalang bagi warga untuk saling mengenal dan justru perbedaan itu disini menumbuhkan sikap toleransi antar sesama warga dan hal ini kiranya harus di jaga selamanya sehingga dalam beraktifitas sehari – hari warga tidak terganggu, tercipta rasa aman dan nyaman tentu menjadi modal dasar dalam kegiatan perekonomian masyarakat, ” ujarnya mengingatkan.

Setelah dilakukan perhitungan suara dari 179 pemilih yang datang mencoblos, nomor urut 1 atas nama Abang Toni memperoleh suara sebanyak 21, nomor urut 2 atas nama Sa’ rani 9 suara, nomor urut 3 atas nama Andi Noviadi 9 suara, Effendi nomor urut 4 mendapatkan 35 suara, Syamsuri nomor urut 5 meraih 21 suara, nomor urut 6 atas nama Wardiati mendapatkan 36 suara, nomor urut 7 atas nama Johandi 17 suara dan nomor urut 8 yang merupakan incumbent atas nama Sani memperoleh 30 suara.

Hasil akhir ini menempatkan Wardiati dan Effendi yang akan mewakili Dusun Belitang di kursi BPD Desa Belitang Dua.

Plt. Kepala Desa Belitang Dua Supiadi sangat mengapresiasi kerja panitia yang pada pelaksanaan hari pertama pemilihan ini.

“Kami mewakili pihak Pemerintah Desa Belitang Dua mengucapkan terima kasih kepada warga yang telah datang memberikan hak pilihnya dan kepada panitia kami juga berbangga sekali karena telah bekerja sesuai rencana serta kepada yang terpilih kami mengucapkan selamat bertugas nantinya, ” ujarnya usai penghitungan surat suara pada pemilihan wakil warga di parlemen tingkat desa tersebut.

Selanjutnya jadwal pemilihan untuk Dusun kobi hari senin tanggal 11 februari dengan jumlah calon 11 orang, Dusun Keranjik pada hari kamis tanggal 14 februari dengan jumlah calon 8 orang dan terakhir Dusun Stalon ada 9 calon dengan pemilihan pada hari senin tanggal 18 februari 2019 dengan waktu pemilihan dari jam 9 pagi hingga jam 2 siang wib.

(pewarta27)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga