oleh

DPD POM Bersama Raja Sekadau Kunjungi Belitang Bahas Pelestarian Budaya Lokal dalam Bingkai NKRI

BELITANG | Sekadaucom – Pengurus DPD Persatuan Orang Melayu (POM) Kabupaten Sekadau bersama pengurus DPC. POM Kecamatan Belitang menggelar pertemuan di kediaman ketua DPC POM Kecamatan Belitang yaitu bapak H. Sujono, S. Pd, Minggu (17/2/2019).

Selain 56 pengurus ormas POM Sekadau dan Belitang yang hadir, nampak terlihat Raja Sekadau yaitu Pangeran Agung Gusti Muhammad Effendi Sri Negara II.

Ketua DPD POM Kabupaten Sekadau Gusti Muhammad Yani mengatakan bahwa kegiatan ini adalah program kunjungan kerja yang kedua yaitu Belitang dan Belitang Hilir yang mana sebelumnya pada telah dilakukan pula kunjungan tahap pertama untuk wilayah kecamatan Sekadau Hulu, Nanga Taman dan Nanga Mahap (RTM).

“Adapun maksud dan tujuan kita ini adalah dalam rangka melaksanakan kunjungan kerja guna menjalin ukhuwah islamiah dan tali silaturahim kepada setiap DPC – DPC yang ada di Kabupaten Sekadau sekaligus pemberian SK kepengurusan POM untuk masing – masing DPC, ” ungkapnya usai kegiatan itu.

Dikatakan pula sejumlah agenda program kerja terkait kegiatan POM kedepan juga dibahas dalam pertemuan internal tersebut.

Raja Sekadau yaitu Pangeran Agung Gusti Muhammad Effendi Sri Negara II yang turut di undang dalam pertemuan terbatas itu sangat mengapresiasi sekali kegiatan ormas yang bergerak dalam pelestarian adat istiadat dan kebudayaan setempat.

“Kebetulan saya di POM duduk sebagai penasehat dan terkait kegiatan ini tentu saya sangat berbangga sekali sekaligus berterima kasih karena POM bisa menghargai kedudukan saya disini selaku penasehat organisasi, ” terangnya saat jumpa pers usai kegiatan tersebut.

Di jelaskan pula bahwa dalam hal ini Kerajaan Sekadau selaku pengayom dan penjaga adat istiadat serta kebudayaan turut andil membantu pemerintah untuk melestarikan kebudayaan yang ada di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kebudayaan dan adat istiadat perlu untuk dikembangkan dan saya bersyukur karena POM hadir ikut membantu menjaga dan melestarikan kebudayaan yang ada dan bernilai positif ini. Hendaknya budaya asing yang dari luar itu kita bendung, ” ujarnya menambahkan.

Raja Sekadau ini juga berpesan kepada para generasi muda untuk tidak melupakan adat istiadat dan kebudayaan, karena didalamnya terdapat etika, norma – norma, sopan santun dan adat istiadat. Bahkan menurutnya bukan tidak mungkin Negara kita akan kuat dan disegani oleh negara lain karena kita mampu menjaga dan melestarikan kebudayaan kita yang beraneka ragam.

Selain itu tugas POM juga sangat berat karena bersifat sosial namun diharapkan mampu menjembatani antar pemerintah dengan masyarakat dan begitu pula sebaliknya.

“Mari kita bangun kebudayaan dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia agar negara kita disegani oleh negara lain,” ujarnya menghimba sekaligus menutup wawancara ini.

(yk/pewarta27)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *