oleh

MABT Sekadau Suguhkan Atraksi Barongsai Di Belitang

BELITANG | Sekadaucom – Berjumlah 12 orang, terdiri dari penabuh gendang, gong, cep cep dan pemain barongsai datangi setiap rumah warga etnis tinghoa untuk meramaikan imlek di tahun 2019 ini.

Wawan (21) selaku koordinator Barongsai dari MABT Kab. Sekadau mengatakan bahwa kegiatan ini adalah wujud kebersamaan warga etnis tionghoa yang ada di Kabupaten Sekadau.

Kegiatan ini rutin kami lakukan setiap ada perayaan imlek, dan bukan cuma di Nanga Belitang,

“Setiap ibukota kecamatan kami kunjungi untuk meramaikan perayaan imlek 2019 bersama warga etnis tionghoa,” ungkapnya disela-sela atraksi barongsai, Kamis (7/2/2019).

Selain unik dan merupakan suguhan yang langka untuk warga di Nanga Belitang,

hal ini tentunya menjadi tontonan menarik bagi warga dan kesempatan itu tidak disia-siakan serta momen ini di abadikan oleh warga.

Hal ini terlihat saat warga meminta para pemain barongsai untuk berfoto bersama usai pertunjukan dari setiap rumah warga.

Kepala Dusun Kobi Desa Belitang Dua Indra Gunawan alias Tetsun mengatakan bahwa suatu kehormatan dan kebanggaan tersendiri bagi warga tionghoa,

karena barongsai dari MABT kabupaten Sekadau dapat mengunjungi dan menghibur warga sekitar jalan HM. Saleh Ali, jalan Ampera dan masuk pula di gang Hoki yang merupakan pusat pasar sentral Belitang.

“Sambutan warga sangat luar biasa sekali karena terlihat warga juga ikut mengiringi ke rumah mana barongsai ini akan singgah, mungkin warga tidak mau kehilangan momen kedatangan barongsai yang hanya sekali setahun tampil di sini dan bahkan warga dari Desa Belitang Satu juga banyak yang datang dan hal ini akan berlangsung selama dua minggu yaitu hingga tanggal 15 bulan satu di tahun imlek, ” komentarnya saat ikut mengamati atraksi barongsai yang di mainkan oleh 2 orang ini.

Salah seorang anggota Badan Permusyawatan Desa Belitang Dua, Sani juga mengapresiasi pertunjukan barongsai ini.

Tradisi barongsai memang selalu tampil tiap tahunnya di pusat keramaian kota Nanga Belitang ini, dan biasanya bila tampil kerumah-rumah warga,

“barongsai akan melakukan atraksi dan akan ada angpau sebagai ucapan terima kasih dari tuan rumah, ” ujarnya penuh akrab.

Di penghujung kunjungannya, barongsai ini juga menyuguhkan atraksi terakhirnya di klenteng Tri Dharma Belitang serta bagi warga yang ingin berfoto bersama, tim barongsai mempersilakan.

Berita ini berjudul “MABT Sekadau Suguhkan Atraksi Barongsai Di Belitang

(pewarta27)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca juga