oleh

Mau Menangis, Sutarmidji Minta Asrama Pelajar Segera Dibangun

BENGKAYANG | Sekadaucom – Heboh diberitakan, gubuk pelajar yang tak layak huni di Desa Sempayuk, Kecamatan Lumar, Kabupaten Bengkayang benar-banar didatangi Gubernur Kalbar Sutarmidji bersama Dinas Pendidikan Provinsi Kalbar, Sabtu (2/2/2019).

Kunjungan Gubernur Kalbar Sutarmidji ini atas viralnya pemberitaan di media massa, baik media cetak, elektronik, dan media Cyber pada 26 Januari 2019 lalu, hingga saat ini .

Datang di pondok siswa tersebut gubernur Kalbar, disambut jajaran Pemkab Bengkayang, diantaranya Sekda, Bagian Pemerintahan, Camat Bengkayang, Kepala Desa Sempayuk, Serta Kadis Pendidikan.

Setelah ke lokasi Gubernur Kalbar, Sutarmidji langsung melihat kondisi pelajar. Sutarmidji mengatakan rasa simpati, bahkan ingin menangis melihat kondisi pondok secara langsung. Ia masuk langsung kedalam, dan melihat langsung bagaimana kondisi pondok yang gelap dan sempit dan sekaligus mengangkat piring nasi dalam keadaan masih basi

“Hampir menangis saya masuk dalam pondok siswa. Makanya saya langsung beralih ke lokasi lain. Kondisi ini sangat memprihatikan,” ungkapnya

Memang kondisi seperti pemberitaan yang sebelumnya, pondok hanya beralaskan tanah (ambil data yg sebelumnya).

Sutarmidji mendorong supaya asrama pelajar segera dibangun disekitar sekolah, karena memang sudah tak layak huni.

Saat itu Sutarmidji, juga meminta langsung Kadis PUPR Provinsi Kalbar supaya merealisasikan pembangunan jalan sekitar seratus lebih meter dari jalan nasional ke pondok siswa.

“Dan untuk jalan saya minta di bangun, dalam waktu dua bulan harus selesai,” tegasnya.

Semangat tinggi anak-anak yang sekolah di Semoayuk ini di apresiasi gubernur Kalbar. Walau mereka harus tinggal ditempat yang tak layak, demi pendidikan tapi semangat mereka luar biasa.

“Saya mengapresiasi semangat mereka untuk tetap sekolah. Itu yang luar biasa. ini seharusnya menjadi contoh bagi yang lain. Sudah seperti ini saja semangatnya luarbiasa. Apalagi yang diperkotaan,” ujar Midji.

Dalam kesempatan itu, Sutarmidji, menyerahkan sejumlah alat sekolah pulpen, buku .

“Sepatu akan menyusul ya,” ucapnya disela-sela ia membagikan peralatan sekolah.

Usai melakukan kunjungan di pondok siswa di Sempayuk, Sutarmidji berserta rombongan menuju ke balai desa yang terletak di Desa Belimbing, Sansak.

Semenit itu, menanggapi kedatangan Gubernur Kalbar, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkayang, Dr. Yan, mengucapkan banyak terima kasih kepada kepada pengola medsos, media yang sudah mampu mengundang gubernur Kalbar datang di Desa Belimbing, Kecamatan Lumar.

“Saya menyambut positif, bahkan atas viralnya itu pak bupati langsung memanggil kita untuk rapat. Untuk membahas bagaimana langkah-langkah kita. Tapi hari ini, pak Gubernur memberikan angin segar, untuk membantu pembuatan asrama. Jadi Pemda bisa membangun yang lain. Karena keterbatasan dana kita belum bisa membangun secara merata,” tuturnya.

Yan, mengatakan untuk tahun ini pemerintah, dinas pendidikan fokus membangun asrama yang ada di Kecamatan Siding.

“Terima kasih pak Gubernur yang sudah siap membantu Bengkayang, dalam hal peningkatan sumber daya manusia. Bidang pendidikan dan kesehatan. Atas kedatangan pak gubernur, melihat langsung pondok siswa siswi ini,” tutupnya.

(yk/sk)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca juga