oleh

Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa Dengan Aplikasi SISKEUDES Versi 2.0 Kabupaten Sekadau

SEKADAU | Sekadaucom – Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0 Kab. Sekadau di Aula Pertemuan Lantai II Kantor Bupati Sekadau, Rabu (6/2/2019).

Kegiatan ini dihadiri, Pimpinan Komisi XI DPR RI H. Sukiman, S.Pd. MM, Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah diwakili oleh Direktur PPKD Wilayah III Iskandar Novianto, Ak, M.Si, CA, CFRA, Qia,CIPsas, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat Raden Suhartono, SE, Kapolda Kalbar diwakili oleh Dir Binmas Polda Kalbar Kombes Pol Mujiono, S.I.K, Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH. M.Si, Kapolres Sekadau AKBP Anggon Salazar Tarmizi, S.IK, Para Staf Ahli, Asisten, Kepala Dinas, Badan, Kantor, Kepala Bagian di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sekadau atau yang mewakili, Kasat Binmas Polres Sekadau IPTU Masdar, Moderator Kegiatan Bayu Dwi Harsono, SE. ME, Para Camat se Kabupaten Sekadau, Para Kepala Desa Se Kabupaten Sekadau (87 Kepala Desa).

Sambutan Bupati Sekadau yang diwakili oleh Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH., M.,Si menyampaikan, bahwa hari ini kita patut bersyukur dapat berkumpul dan bertatap muka di tempat ini dalam kegiatan Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0 Kab. Sekadau.

Sebagaimana telah diamanatkan didalam Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa, kata Aloysius, Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk membina dan mengawasi penyelenggaraan Pemerintah Desa.

“Lahirnya Undang-Undang Desa tersebut, Desa tidak lagi sebagai Objek dari Pembangunan, melainkan desa juga dituntut sebagai Subjek dari Pembangunan,” jelasnya.

Artinya, kata Aloysius, Desa memiliki Kewenangan dalam hal membangun Desanya masing-masing dalam Koridor NKRI.

“Bahwa Kepala Desa diberi kewenangan untuk Merencanakan, melaksanakan dan mengelola pembangunan Desa masing-masing; Pembangunan Desa melibatkan seluruh Komponen masyarakat yang ada di Desa”, ujar Wakil Bupati Sekadau.

Pimpinan Komisi XI DPR RI H. Sukiman, S.Pd. MM mengatakan, Implementasi Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 untuk Kesejahteraan Rakyat di Tingkat Desa.

Dana Desa dapat dipertanggungjawabkan keuangan yang sudah diserap oleh Para Kades dalam pengelolaan Keuangan Desa tersebut.” jelas Sukiman.

Sementara, sambutan Direktur PPKD Wilayah III Iskandar Novianto, Ak, M.Si, CA, CFRA, Qia, CIPsas, mengatakan, kegiatan-kegiatan APBDes yang harus dimasukkan melalui Musyawarah Desa dalam Perencanaan, pelaksanaan dan pengelolaan Dana Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat di Tingkat Desa.

“Kedepanya akan dikembangkan Siskeudes melalui Aplikasi 2.0 ini untuk transparansi pengunaan Dana Desa tersebut.” kata Iskandar Novianto.

Pada kesempatan, Dir Binmas Polda Kalbar Kombes Pol Mujiono, S.I.K menerangkan, Peran Polri dalam pengawal pembangunan Desa melalui Bhabinkamtibmas yang ada di Desa masing-masing demi kepentingan Pembangunan dan Masyarakat.

Indek Pembangunan Manusia Kalbar, kata Kombes Pol Mujiono, Nomor urut ke 29 dari 34 Provinsi, maka dari itu kita juga harus membangun SDM pada masyarakat kita agar pembangunan desa tersebut bisa tercapai maksimal.

Tugas Polri yakni, kata Kombes Pol Mujiono, Memelihara Harkamtibmas, melindungi, mengayomi dan Melayani Masyarakat serta menegakan Hukum.

“Dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0 ini, kita semua bisa mengawasi penggunaan Dana Desa yang sudah diamanatkan oleh Pemerintah untuk digunakan dengan baik”, tutup Kombes Pol Mujiono.

Sementara, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat Raden Suhartono, SE, mengatakan, Perwakilan BPKP Provinsi Kalbar bersama dengan Instansi terkait bekerja sama dalam pengawasan dan pembinaan untuk mengelola Dana Desa yang dikelola oleh Desa masing-masing.

Para Kepala Desa, kata Raden, harus bisa merencanakan, melaksanakan dan mengelola Dana Desa tersebut untuk pembangunan dan kesejahteraan Masyarakat dari tingkat Desa yang sesuai dengan Nawacita Presiden.

Akhir acara dilaksanakan penyerahan Plakat dan Fhoto bersama dengan Para Narasumber dalam kegiatan Workshop Evaluasi Implementasi Sistem Tatakelola Keuangan Desa dengan Aplikasi Siskeudes Versi 2.0 Kabupaten Sekadau.

(yk/mussin)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga