oleh

Banjir di Nanga Mahap dan Nanga Taman, BPBD Imbau Warga Agar Waspada Bencana

SEKADAU | Sekadaucom – Masyarakat diimbau untuk waspada terjadinya banjir, puting beliung dan longsor (Bantingsor). Terlebih saat ini, wilayah di dua kecamatan masing-masing Nanga Mahap dan Nanga Taman terendam banjir.

Plt Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sekadau, Afronius Akim Sehan menuturkan, saat ini tim dari BPBD Kabupaten Sekadau sudah turun ke lokasi banjir. Adapun wilayah yang terdampak banjir diantaranya di Nanga Mahap, Nanga Taman dan Nanga Kiungkang.

“Kami mengimbau masyarakat waspada. Kami mengingatkan masyarakat, terutama yang berada di daerah-daerah rawan terjadi bencana seperti banjir dan longsor agar waspada,” ujarnya, Jumat (1/3/2019).

Selain itu, Afron juga meminta peran serta masyarakat, pihak desa dan kecamatan untuk melaporkan bila terjadi bencana di wilayahnya. Langkah tersebut dilakukan agar pihak BPBD segera menindaklanjutinya.

“Bencana tidak bisa dihindari. Itulah bagaimana kita bisa hidup berdampingan dengan bencana. Harus ada kesiapan, misalnya kalau rumah di kawasan rawan banjir buatlah yang tinggi,” ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris BPBD Kabupaten Sekadau, Edy Prasetyo mengatakan, ketinggian air meningkat. Bahkan, ketinggian air sudah mencapai 1 meter. Meski tak menyebut secara rinci, beberapa warga telah mengungsi karena rumahnya terendam banjir.

“Informasinya terutama yang dipinggir sungai tinggi airnya, sudah ada yang mengungsi. Ada juga yang mengamankam barang-barangnya,” tuturnya.

Selain itu, Edy juga mengimbau masyarakat untuk berhati-hati sambaran petir ketika cuaca mendung. Ia mengungkapkan, sudah ada beberapa kasus sambaran petir, seperti di Ladak, Kecamatan Nanga Taman dan Selalong, Kecamatan Sekadau Hilir.

“Kena orang dan kena peralatan elektronik. Kami imbau masyarakat agar berhati-hati. Prakiraan cuaca curah hujan cukup tinggi hingga pertengahan Maret. Ini terjadi di seluruh Indonesia. Besar kemungkinan terjadi banjir,” ungkap Edy.

Banjir di Nanga Taman dan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat, Jumat (1/3/2019).
Banjir di Nanga Taman dan Nanga Mahap Kabupaten Sekadau Kalimantan Barat, Jumat (1/3/2019).

Selain itu, kata dia, masyarakat juga harus mewaspadai longsor. Berdasarkan data, dua kecamatan rawan terjadi longsor yaitu Kecamatan Nanga Mahap dan Nanga Taman.

Untuk menanggulangi bencana, BPBD Kabupaten Sekadau juga mengimbau Tim Tagana untuk bersama-sama membantu dilapangan. Edy juga mengingatkan masyarakat agar memberikan informasi bila terjadinya bencana ke kontak bencana BPBD Kabupaten Sekadau.

“Untuk banjir, pergerakan air bisa diprediksi, setelah Nanga Mahap dan Nanga Taman kemungkinan banjir kiriman terjadi di Sekadau Hulu dan Sekadau Hilir. Utamanya masyarakat yang tinggal di pinggir sungai agar waspada dan berhati-hati,” pesannya.

(yk/na)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga