oleh

KPU Sekadau Gelar Sosialisasi Pemilu 2019 Kepada Fokmas

SEKADAU | Sekadaucom – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sekadau menggelar sosialisasi Pemilu 2019 kepada mahasiswa asal Sekadau yang tergabung dalam Forum Komunikasi Mahasiswa Sekadau (Fokmas).

Sosialisasi yang membahas mengenai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK) itu berlangsung di salah sebuah cafe di Pontianak, Kamis (14/3/2019) lalu.

Komisioner KPU Sekadau, Gita Rantau, S.Sos mengatakan bahwa tujuan digelarnya sosialisasi yakni ingin menyampaikan kepada para pencari ilmu asal Sekadau yang berada di ibu kota Kalimantan Barat tentang cara memilih.

Selain melakukan sosialisasi, pihaknya juga mengakomodir mahasiswa asal Sekadau yang belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) sekaligus mensosialisasikan mengenai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

“Karena kawan-kawan mahasiswa asal Sekadau ini tentu banyak yang tidak bisa memilih di TPS asal artinya mereka memilih di kota tempat mereka menuntut Ilmu,” ujarnya.

“Yang kami sarankan adalah kawan-kawan mahasiswa ini bisa mengurus pindah memilih yang masuk dalam DPTb. Jadi bisa mengurus formulir A5 untuk pindah memilih di Kota Pontianak,” tandasnya.

Sementara Ketua Fokmas, Giat Anshorrahman mengapresiasi sosialisasi yang dilakukan oleh KPU Sekadau.

Karena menurutnya hal ini sangat berguna agar mahasiswa asal Sekadau yang merantau di Pontianak dan notabene telah memiliki hak pilih dapat memahami aturan terkini mengenai Pemilu 2019 khususnya terkait tata cara kepengurusan pindah memilih.

“Tentu sosialisasi yang digelar KPU ini sangat kami apresiasi. Jadi, kami yang merantau di Pontianak dan notabene sudah mempunyai hak pilih ini dapat memahami bagaimana caranya agar bisa memilih walaupun sedang di perantauan,” tukasnya.

Dirinya berharap mahasiswa Sekadau yang hadir dalam sosialisasi tersebut dapat mensosialisasikan kembali kepada mahasiswa Sekadau lainnya agar dapat menggunakan hak pilihnya sekalipun dalam perantauan.“

Harapan besar kami, kawan-kawan yang hadir pada hari ini bisa mensosialisasikan kepada mahasiswa Sekadau yang lain sekaligus mengimbau kepada mahasiswa Sekadau yang tidak bisa pulang ke Sekadau pada hari pencoblosan berkenan mengurus surat pindah memilih.

Kami juga berharap besar, tingkat partisipasi pemilih dapat meningkat pada pemilu serentak tahun 2019 ini,” pungkasnya.

(Yk/Mus)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga