oleh

Rupinus Apresiasi Perkemahan Lomba Gudep Terampil

SEKADAU | Sekadaucom – Bupati Sekadau memimpin upacara pembukaan perkemahan lomba gudep terampil (PLGT) Kwarcab Sekadau yang digelar di Halaman Kantor Bupati Sekadau, Selasa (26/3/2019). PLGT digelar hingga 29 Maret mendatang di kawasan Taman Kehati Sekadau.

Bupati Sekadau, Rupinus mengapresiasi Kwarcab Sekadau yang telah menyelenggaran kegiatan tersebut. Ia juga mengapresiasi para kwartir ranting se Kwarcab Gerakan Pramuka Sekadau serta gudep tingkat SMP/MTs sederajat yang telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini perdana. Mudah-mudahan kedepan ini menjadi kegiatan rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya,” ujar Rupinus usai upacara.

Rupinus yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Sekadau mengaku bangga dengan perkemahan lomba gudep terampil karena mengusung tema terampil, berbudaya dan berkarakter. Artinya, kegiatan tersebut diharapkan memacu anak-anak untuk terampil dalam karya, mengenal serta pandai menghargai budayanya.

“Ini juga sebagai wadah untuk menumbuhkan karakter yang berakhlak mulia. Menghindari narkoba, hindari pergaulan bebas, hindari hoax dan lain sebagainya,” ucapnya.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat memacu setiap gugus depan atau sekolah untuk meningkatkan prestasinya serta dapat menjadi bahan evaluasi kemampuan anak didiknya. Untuk itu, kata Rupinus, kegiatan tersebut perlu dipertahankan dan ditingkatkan sebagai alat mencapai tujuan gerakan pramuka, yaitu membentuk manusia yang berkarakter, berkepribadian, berwatak, berbudi pekerti luhur sebagai warga negara Indonesia yang berjiwa pancasila.

“Saya berpesan jaga kesehatan agar dapat mengikuti kegiatan dengan baik, ikuti kegiatan dengan ceria, gembira dan penuh suka cita. Manfaatkan kesempatan ini untuk menambah sahabat baru, bukan menambah permusuhan,” kata dia.

Selain itu, Rupinus juga berpesan agar para peserta yang meraih prestari tidak sombong dan takabur. Ia juga mengingatkan, bagi yang belum mendapatkan prestasi agar lebih tekun dan terus berlatih.

“Tingkatkan terus prestasi, karena berlatih bukan hanya untuk kepentingan saat ini saja. Tapi, kepentingan karakter dimasa yang akan datang agar siap menghadapi tantangan masa mendatang,” pungkasnya.

Hadir dalam upacara, Kapolres Sekadau, Sekda Kabupaten Sekadau, Asisten serta Kepala SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau.

(yk/na)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga