oleh

Sinergitas Seluruh Stakeholder Hadapi Pemilu 2019

SEKADAU | Sekadaucom – Rapat konsolidasi persiapan pemilu tahun 2019 di Kabupaten Sekadau digelar di Ruang Serbaguna Lantai II Kantor Bupati Sekadau, Kamis (21/3/2019).

Rapat konsolidasi itu dilakukan sebagai upaya menyamakan persepsi serta bentuk sinergitas seluruh stakeholder terkait dalam menghadapi pemilu yang digelar 17 April mendatang.

Asisten III Setda Kabupaten Sekadau, Sapto Utomo menuturkan, dalam rangka suksesnya pemilu 2019 secara demokratis sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Tentunya hal itu memiliki nilai sangat strategis dan penting mengingat sudah dekatnya pelaksanaan pemilu serentak 2019.

“Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu merupakan landasan hukum dalam menyelenggarakan pemilu serentak. Karena itu, kualitas pemilu tergantung sejauh mana peraturan perundang-undangan disosialisasikan,” ujar Sapto.

Ia mengatakan, suksesnya pemilu bukan hanya bersandar pada integritas penyelenggara pemilu dan pesertanya. Namun, harus ada dukungan seluruh pemangku kepentingan pemilu demi terciptanya sinergitas yang kuat dan saling berkesinambungan.

“Intinya diperlukan persamaan persepsi diantara pemangku kepentingan pemilu dalam upaya pencapaian pemilu yang demokratis,” ucap Sapto.

Menurut Sapto, sinergitas seluruh pemangku kepentingan pemilu sangat diharapkan untuk memberikan sosialisasi yang tepat kepada masyarakat. Utamanya, memberikan pemahaman tentang arti pentingnya pemilu bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Saya berharap adanya kesamaan persepsi serta sinergitas yang kuat dan berkesimbungan antara pemangku kepentingan pemilu dalam menciptakan pemilu yang demokratis,” harapnya.

Selain itu, Sapto juga berharap masyarakat nantinya berduyun-duyun penuh antusias datang ke TPS menggunakan hak pilihnya secara aman tanpa ada tekanan dari pihak manapun. Sehingga, diharapkan adalah partisipasi politik masyarakat yang tinggi pada pemilu serentak 2019.

“Baik itu secara kuantitas maupun kualotas agar menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang memiliki legitimasi yang kuat serta amanah dalam menjalankan tugasnya,” kata Sapto.

Sapto menilai konsolidasi tersebut perlu dilakukan dan diharapkan mampu memberikan pemahaman serta meningkatan koordinasi antara berbagai unsur yang terlibat. Sehingga, penyelenggaraan pemilu berjalan dengan tertib dan lancar.

“Ada beberapa hal krusial yang perlu diperhatikan, yaitu jadwal tahapan pemilu, kenetralan ASN, data peduduk pemilih, kampanye, tata cara pemungutan hingga penghitungan suara,” ungkap Sapto.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Sekadau, Drianus Saban mengatakan, kegiatan tersebut merupakan bagian konsolidasi pemerintah daerah dengan stakeholder mengenai kesiapan distribusi logistik, pola pengamanan dari aparat hingga dukungan teknis dan kesiapan lainnya. Hal itu juga merupakan komitmen bersama dalam mendukung suksesnya pemilu.

“Untuk kesiapan KPU hampir rampung semua, persiapan logistik maupun persiapan teknis dan rekrutmen anggota KPPS. Mudah-mudahan kami sudah menetapkan anggota KPPS pada 27 Maret,” bebernya.

Saban mengatakan, berbagai upaya dilakukan pihaknya untuk mendorong partisipasi pemilih. Pihaknya, kata dia, tidak berhenti melakukan sosialisasi hingga berkunjung door to door ke masyarakat.

Sebagai upaya menarik simpatik masyarakat agar mau datang ke TPS, KPU akan melaksanakan konser musik. Kegiatan tersebut juga diisi dengan berbagai perlombaan yang dilaksanakan, Sabtu (23/3) mendatang.

“Kami berharap masyarakat bisa datang ke EJ Lantu, Kecamatan Sekadau Hilir. Ini salah satu metode untuk menarik masyarakat melalui hiburan dan kesenian agar pesan-pesan kepemiluan bisa tersampaikan,” pungkasnya.

Hadir dalam rapat konsolidasi tersebut, Kajari Sekadau, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau, Pabung 1204/Sanggau, Kabag Ops Polres Sekadau serta Kapolsek dan Danramil se-Kabupaten Sekadau. Selain itu, turut hadir Kepala SKPD terkait dilingkungan Pemkab Sekadau serta tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.

(yk/d/mus)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga