oleh

Udara Semakin Tak Sehat, Rupinus Buka Posko Darurat Asap

SEKADAU | SEKADAUCOM – Akibat pembakaran hutan dan lahan kondisi udara di Kabupaten Sekadau semakin tak sehat.

Menyikapi kejadian ini Dinas Kesehatan membuka Posko Tanggap Darurat Bencana Asap di Sebelah Kantor BPBD Jl. Merdeka Barat Sekadau. Yang dibuka langsung bupati Rupinus Rabu (18/9/2019).

Sekretaris Dinas Kesehatan PP dan KB, Henri Alpius kepada awak media mengatakan, Posko diperuntukkan bagi seluruh masyarakat dan pengguna jalan yang merasa ada keluhan pernapasan akibat asap supaya segera ke posko.

“karena posko terbuka bagi semua warga dan dilengkapi pengukur oksigen dalam tubuh dan juga peralatan pendukung lainnya”, ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Henri Alpius, Seluruh puskesmas di kabupaten Sekadau termasuk RSUD mulai Rabu ( 18/9/2019 ) akan di siagakan,

Hal ini untuk mengantisipasi jangan sampai pertolongan kepada masyarakat akibat asap terlambat , petugas dari Dinas Kesehatan kita plot di puskesmas dan posko.

“apabila posko dan puskesmas sudah tidak memadai untuk pertolongan maka akan di rujuk ke RSUD Sekadau”, ujarnya.

Sementara Bupati Sekadau Rupinus, SH , M. Si yang hadir saat membuka Posko mengatakan, terkait kondisi udara sudah tidak sehat, Rupinus menghimbau warganya mengurangi kegiatan diluar rumah dan selalu memakai masker apabila keluar rumah.

“ini merupakan upaya meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan”, pungkasnya.

Ket. Foto: Bupati Sekadau Rupinus memasang masker kepada warga.
Ket. Foto: Bupati Sekadau Rupinus memasang masker kepada warga.

(yk/pb/hr)

Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca juga