oleh

Antisipasi Penanganan Covid19, Sekadau Siapkan APD Setiap Puskesmas

SEKADAU — Dalam rangka untuk mencegah penyebaran virus corona di daerah-daerah, bemacam-macam cara dilakukan Pemerintah.

Khusus di Pemerintah Kabupaten Sekadau melalui Gugus Tugas Percepatan Penangganan Covid-19 Kabupaten Sekadau telah menyiapkan langkah antisipasi di setiap Puskesmas.

Henry Alpius Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penangganan Covid-19 mengatakan, sarana antisipasi yang dimaksud adalah telah di siapkannya Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis yang ada di Puskesmas.

“Guna mengantisipasi jika ada warga yang pulang dari daerah lain, yang membutuhkan pengecekan kesehatan”, ucapnya.

“Dari Puskesams tersebut kami dari tim gugus tugas mengetahui jumlah Orang Dalam Pemantauan (OPD), berdasarkan laporan dari Puskesmas yang ada, karna disanalah warga yang pulang dari daerah lain minta di cek,”kata Henry Alpius kepada awak media,Sabtu (11/4/2020) di Sekadau.

Menurut Alpius, semua APD untuk tenaga medis di setiap Puskesmas sudah  disuplay, hal ini sebagai langkah antisipasi jika ada warga yang terpapar atau warga yang sekedar mengecek kesehatan dirinya saat datang dari daerah luar.

Karena lanjut Alpius, demi keselamatan tenaga medis, setiap pengecekan warga baik yang sakit maupun yang sekedar minta di cek, tenaga medis harus sudah siap dengan APD yang standar.

“Jika butuh mereka tinggal minta, kita langsung kirim, karena barangnya sudah siap,”ungkapnya.

Tetapi lanjut dia, bukan berarti setiap tenaga medis mengecek warga harus mengunakan APD yang di gunakan tenaga perawat di rumah sakit. Kalau hanya sekedar mengecek saja, mereka cukup menggunakan APD seperti masker khusus dan sarung tangan khusus

Itu saja sudah aman, bagi keselamatan mereka,” ujarnya.

(yk/tj)

Komentar

Berita Sekadaucom