oleh

Penanganan Corona, Pemkab Sekadau Siapkan Anggaran Rp 13 Miliar

SEKADAU — Untuk Penanganan virus corona di Kabupaten Sekadau, Pemerintah Kabupaten Sekadau Siapkan Anggaran Rp 13 Miliar.

Pemerintah Kabupaten Sekadau melakukan refocusing dan realokasi anggaran APBD untuk penanganan Virus Corona.

Dana ini merupakan hasil dari refocusing kegiatan dan realokasi anggaran untuk penanganan dan penanggulangan bencana.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Sekadau Zakaria Umar, selaku Ketua TAPD (Tim Anggaran Pemerintah Daerah)  di sela Rapat Konsultasi Dengan Badan Anggaran DPRD pada Rabu (15/4/2020).

“Dana tersebut akan digunakan untuk seluruh kegiatan penanganan Covid-19 di Sekadau , meliputi bidang kesehatan Rp.10, 954 milyar , Dampak ekonomi Rp.333, 2 juta , Jaring Pengaman Sosial dua miliar,” katanya.

Menurutnya, alokasi anggaran tersebut berasal dari Kebijakan Penyesuaian Bidang Pendapatan meliputi Penyesuaian Pendapatan Transfer ke Daerah dan Dana Desa dan Bidang Belanja.

Meliputi rasionalisasi belanja pegawai (mengurangi honorarium kegiatan) rasionalisasi barang/jasa sekurang – kurangnya 50% dengan mengurangi anggaran belanja.

Adapun pengurangan anggaran adalah anggaran belanja seperti perjalanan dinas dalam dan luar daerah, barang (bahan/material) pakai habis untuk kantor, perawatan kendaraan, sewa rumah/gedung, dan beberapa item lagi yang anggarannya dikurangi.

Didalam kebijakan anggaran ini kegiatan perangkat daerah yang tidak terlalu penting dan prioritas akan direalokasi untuk anggaran penanganan covid-19 di Sekadau sesuai petunjuk dari Kemendagri dan Kementerian Keuangan.

(yk/pb)

Penanganan Virus Corona di Sekadau
Rapat Konsultasi Dengan Badan Anggaran DPRD pada Rabu (15/4/2020).

Komentar

Berita Sekadaucom