oleh

Gugus Tugas Jelaskan Mekanisme Pencairan Dana Covid-19, Masyarakat Diminta Ikut Awasi

SEKADAUCOM — Ketua fraksi Gerindra DPRD Sekadau, Yodi Setiawan meminta Pemkab Sekadau melalui gugus tugas percepatan penanganan covid-19 agar transparan dalam pengelolaan serta pertanggungjawaban dana covid-19.

DPRD, kata Yodi, mendukung sepenuhnya percepatan penanganan covid-19 di Kabupaten Sekadau.

“Namun karena ini menggunakan dana APBD, maka perlu disampaikan secara transparan kepada masyarakat luas. Ini kita maksudkan untuk menghindari munculnya spekulasi liar terkait dana tersebut. Apalagi nilainya cukup besar,” ujar Yodi (16/6).

Yodi turut meminta aparat penegak hukum agar mendampingi secara ketat pengawasan pengelolaan dana tersebut.

“Masyarakat juga berhak mengawasi,” kata Yodi.

Terpisah, ketua harian gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Sekadau, Zakaria mengatakan gugus tugas melaksanakan perintah regulasi yaitu refocusing yang dilakukan SKLD teknis yang menangani dampak covid yaitu kesehatan, pengamanan sosial dan ekonomi.

“Setelah itu ada lagi regulasi untuk pemangkasan belanja barang jasa dan modal sekurang-kurangnya 50 persen. Dana realokasi tersebut ditempatkan pada belanja tak terduka (btt),” jelas Zakaria.

Proses pencairan dana covid sendiri, lanjut Sekda Kabupaten Sekadau itu, berdasarkan usulan dari masing-masing instansi teknis.

“Untuk mencairkan BTT, SKPD teknis penanganan covid-19 membuat usulan ke bendahara umum daerah. Dan yang bersangkutan bertanggungjawab sepenuhnya atas penggunaan dana tersebut. Jadi gugus tugas menyiapkan regulasi dan alokasi. Pelaksanaannya ada pada SKPD teknis,” pungkas Zakaria.

(yk/bn)

Komentar

Berita Sekadaucom