oleh

Utamakan Belajar, Bupati Sekadau Dukung E-Sports Di Sekadau

SEKADAUCOM – Dengan kesederhanaanya, Bupati Sekadau hadir ditengah penggila permainan Pro Evolution Soccer (PES) yang sedang menyelenggarakan turnamen HDL PES Competition ‘Bupati CUP 2020’, Minggu (30/8/2020) betempat di Tala Gamestation Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau Hilir, Sekadau.

Bupati Sekadau, Rupinus mengatakan mendukung penuh pengembangan game Elektronik Sport khususnya PES di Sekadau karena dalam permainannya menggunakan kecepatan dan kelihaian tangan, ketangkasan dan strategi seperti pada olahraga umumnya. Bahkan permainan ini sudah sering diperlombakan dari tingkat daerah, nasional hingga internasional dengan atlet-atlet berbakatnya.

“Selamat kepada para pemenang, kita sangat mendukung kegiatan ini, apalagi ini kan permainan yang mengasah kemampuan diri. Jika dimaknai, kompetisi yang dimainkan dapat melatih seseorang untuk bersaing secara profesional,” ujar Bupati.

Rupinus menjelaskan kedepan kompetisi semacam ini bisa lebih dikemas dengan baik agar pemain atau atlet berprestasi bisa lebih terpantau oleh Pemerintah Daerah melalui KONI untuk diberikan support. Bukan hanya PES, permainan E Sport lainnya seperti PUBG, Mobil Legend, FIFA dan sebagainya di Sekadau juga perlu dikembangkan dari sudut peningkatan kemampuan atlet dan apresiasi oleh pihak terkait.

Apalagi menurutnya, Game bukan hanya dimainkan sekedar mengisi waktu luang, namun bisa saja menjadi profesi yang menjanjikan jika serius ditekuni. Selain itu jika pandai menangkap peluang, ada ekosistem serta industri yang besar dalam sebuah permainan E Sport.

“Pemain yang punya bakat bisa lebih dikembangkankan, termasuk yang punya rental PES ini, saya kira dia telah menangkap peluang dari sebuah hobi dijadikan sebuah pekerjaan, ini yang perlu dicontoh,” bebernya.

“Hanya saja khusus untuk anak sekolah atau anak muda yang sudah kuliah harap terkontrol, jangan sampai mengabaikan tugas dan kewajibannya sebagai seorang pelajar maupun mahasiswa,” pesannya.

Ditengah kesibukan, Bupati Sekadau tetap menyempatkan diri untuk hadir memberikan semangat kepada anak-anak muda untuk terus mengasah diri ditengah persaingan global walau hanya dari sebuah permainan PES.

Ketua Panitia, Akhmad Adi mengatakan kegiatan turnamen HDL PES Competition ‘Bupati Cup’ 2020 didukung penuh oleh Bupati Sekadau. Selain itu berbagai pihak juga memberikan sumbangsihnya seperti Penjabat Sekda Nurhadi, Anggota DPRD Sabas dan Subarno.

Ia mengungkapkan kedepan perhelatan turnamen akan terus dilaksanakan sebagai ajang silaturahmi sesama hobi. Antusiasme para peserta sangat terasa, terbukti persiapan hanya 3 hari namun jumlah club peserta yang mendaftar lebih dari 100 club walau hingga hari H hanya 100 club saja yang diikutsertakan. Selain dari Sekadau, peserta juga ada yang berasal Kabupaten Sanggau.

“Terimakasih kepada Bupati Sekadau atas dukungannya. Kegiatan berjalan sukses dengan penerapan protokol kesehatan ketat, setiap peserta diwajibkan menggunakan masker dan sebelum masuk arena wajib cuci tangan dengan sabun,” ucapnya.

Sementara itu ketua HDL Sekadau, Dicky Kusuma Atmaja mengatakan HDL merupakan komunitas yang dibuat 2 tahun lalu untuk menampung hobi para pemain PES. Anggota HDL sendiri saat ini berjumlah 23 orang yang berasal dari berbagai latar belakang mulai dari PNS, pekerja Swasta, Wiraswasta, Petani hingga Wartawan, dari yang muda hingga yang sudah cukup berumur.

“Dulu hanya beberapa orang, sekarang anggota kita semakin bertambah. Intinya sesama penghobi PES kita nyatu disini. Selain bermain PES, kita juga ada kegiatan lain yaitu Futsal bareng setiap minggunya. Kedepan semoga wadah ini bisa berkembang merambah bidang lain seperti bidang sosial, budaya dan lainnya,” cerita Dicky seusai pembagian hadiah turnamen.

Kegiatan terlaksana mulai pukul 09.00 hingga selesai pukul 18.30 WIB. Muncul sebagai pemenang HDL PES Competition ‘Bupati Cup 2020’ juara 1 Adi, juara 2 Andre, juara 3 Doni dan juara 4 Rendi. Diketahui 4 orang ini merupakan anggota HDL aktif. Masing-masing pemenang mendapatkan piala dan uang tunai dengan total Rp 2.500.000.(yk/sk/tb)

Komentar