Beroperasi Lagi, Begini Kondisi 3 Halte TJ Usai Dibakar Demonstran

Yakop
13/10/2020, 10/13/2020 WIB Last Updated 2022-09-23T07:37:12Z
Beroperasi Lagi, Begini Kondisi 3 Halte TJ Usai Dibakar Demonstran
MEMBARA: Halte Transjakarta di Bundaran HI dibakar massa saat aksi menolak omnibus law di Jakarta, Kamis (8/10). Vandalisme yang menyerai demonstrasi juga terjadi di berbagai kota di tanah air. (MIFTAHULHAYAT/JAWA POS)


SuaraTribun, Jakarta - Unjuk rasa menolak Undang-undang Omnibus Law Cipta Kerja yang berujung bentrok pada Kamis (8/10) turut berdampak pada sejumlah halte TransJakarta. Beberapa halte mengalami rusak berat bahkan dibakar oleh massa.


Tiga halte yang mengalami rusak berat yakni Halte Sarinah, Halte Bundaran Hotel Indonesia (HI), dan Halte Tosari. Namun, ketiga halte tersebut dipastikan sudah bisa kembali beroperasi pada Senin (10/10).


Dikutip dari JawaPos.com di 3 halte tersebut, operasional terlihat seperti pada hari-hari normal. Bus tetap berhenti normal, penumpang pun bisa menggunakan bus seperti biasa.


Bedanya di ketiga halte tersebut masih terlihat sisa-sisa kerusakan berat. Bagian yang tengah diperbaiki ditutup dengan bedeng. Kemudian diberi spanduk bertuliskan “HALTE INI MILIK RAKYAT YANG SEDANG KAMI PERBAIKI”. Ada pula spanduk lain bertuliskan “KAMI BERBENAH KARENA PENGALAMAN DAN PELAYANAN TERBAIK ADALAH HAK ANDA”.


Para penumpang pun terlihat tidak terkendala menggunakan TransJakarta meskipun sedang ada perbaikan halte. Namun, khusus di Halte Bundaran HI akses masuk halte hanya bisa melalui jalur Stasiun MRT. Untuk jalur luar yang berada di seberang Hotel Pullman tidak bisa digunakan, karena sedang dalam perbaikan.


Kendati demikian, jumlah penumpang di 3 halte tersebut terbilang normal. Tidak terlalu sepi, tidak juga terlalu ramai. Untuk armada bus yang berlalu lalang mengangkut penumpang pun datang dengan jeda tidak terlalu lama.


Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), Sardjono Jhony Tjitrokusumo mengatakan, sesuai arahan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan halte-halte yang rusak memang sudah diinstruksikan agar segera beroperasi kembali. Supaya mobilitas warga tidak terganggu.


“Halte-halte tersebut belum bisa difungsikan secara total dan baru difungsikan dengan pola minimum operation,” kata Sardjono.


Oleh karena itu, mulai hari ini selama periode Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi, TransJakarta akan melayani warga mulai pukul 05.00-22.00 WIB. Sedangkan bagi tenaga kesehatan, pelayanan diberikan mulai pukul 22.00-23.00 WIB.

Komentar

Tampilkan

  • Beroperasi Lagi, Begini Kondisi 3 Halte TJ Usai Dibakar Demonstran
  • 0

Terkini